Mungkin diantara kita tidak banyak yang tahu kalau di dunia ini ternyata ada sekitar 10 negara terkecil di dunia yang luasnya tidak lebih dari 300-an km2.

Dari Negara-negara kecil tersebut yang paling terkecil dan unik adalah Vatican yang hanya memiliki luas 0,44 km2, dan yang terluas adalah Republik Malta seluas 316 km2.

Jadi kalau dihitung rata-rata luas ke-10 negara terkecil itu hanya setengah luas kota Jakarta (650 km2).

Bahkan beberapa Negara luasnya mungkin di bawah 1/3 Jakarta. ‘Mungil’ banget ya.!! Bandingkan dengan Singapura, yang juga dikenal sebagai Negara kecil. Singapura yang rajin mereklamasi wilayah pantainya untuk memperluas negaranya, memiliki luas sekitar 697 km2, sedikit di atas Jakarta.

Untuk lebih jelas, ikuti penjelasan ini. Bandingkan dengan luas wilayah Indonesia yang mencapai 1,904,569 km2. Wowww Indonesia jadi seperti “Negara Raksasa” bila dibandingkan dengan negara-negara mungil itu.

Nah untuk lebih lengkap berikut Profile singkat ke-10 Negara Terkecil di Dunia tersebut.

Lumayan buat nambah pengetahuan…banyak lho dari Negara-negara terkecil ini yang namanya jarang kedengaran di kuping. Kayaknya hanya yang doyan traveling aja yang mungkin ngeh karena memang kebanyakan memfokuskan diri pada bidang pariwisata. Maklum kebanyakan berada di tengah laut..he..he..)

1.Vatikan

Nama resmi : State of the Vatican City (Stato della Città del Vaticano)
Ibukota/Pusat pemerintahan : Vatican City
Bahasa mayoritas : Latin (Resmi), Italia
Agama resmi : Kristen (Katholik Roma)
Kelompok etnik: Italia, Swiss (Swiss Guards), dan lainnya
Pemerintahan : Ecclesiastical, Sacerdotal-monarchical
– Kepala negara:Pope Benedict XVI (April 2005 – sekarang)
– President of the Government :Giovanni Laj
Kemerdekaan : dari Kerajaan Italia
– Lateran Treaty :11 Februari 1929
Luas wilayah: 0,44 km2
Penduduk:
– 2010 (PBB) :500 jiwa
– Kepadatan :1.877/km2
Mata uang :Euro (€), sebelum 2002: Italian Lira
Lajur kemudi :kanan
Lagu kebangsaan : Pontifical Anthem and March (italia: Inno e Marcia Pontificale)
Domain Internet : .va
Kode telepon :+379

Vatikan , dengan nama resmi bernama State of the Vatican City atau Holy See, merupakan negara merdeka terkecil di dunia, dari segi luas wilayah dan jumlah penduduk.
Vatikan merupakan sebuah enklaf yang berada di dalam wilayah kota Roma di Italia. Vatikan merupakan tempat tinggal Paus dan wilayah Takhta Suci, otoritas pusat Gereja Katolik.


Peta wilayah

Sejarah

Diperkirakan bahwa daerah di kota Roma yang sebelumnya tidak dihuni ini (ager vaticanus) sudah selalu dianggap suci, bahkan sebelum kedatangan agama Kristen. Pada tahun 326, gereja pertama dibangun di atas tempat yang diperkirakan sebagai makam Santo Petrus. Sejak itu, tempat ini semakin banyak dihuni.

Para Paus dalam peran sekuler mereka mulai memperluas pengaruh mereka pada daerah-daerah sekitar dan melalui negara-negara Paus memerintah banyak daerah di semenanjung Italia selama lebih dari seribu tahun hingga pertengahan abad ke-18 ketika seluruh Italia dipersatukan. Pada saat itu daerah negara Paus disita oleh Kerajaan Italia yang baru didirikan.

Lalu pada tahun 1870, wilayah kekuasaan Paus lebih dikurangi lagi ketika Roma dianeksasi. Sengketa antara Paus dan Italia akhirnya diselesaikan pada tanggal 11 Februari 1929 ketika Benito Mussolini dan Paus menandatangi Perjanjian Lateran yang juga dikenal dengan nama Concordat. Isi utama perjanjian ini yaitu diakuinya Negara Vatikan di bawah pemerintahan Takhta Suci, status istimewa bagi agama Katolik di Italia, dan ganti rugi terhadap Vatikan atas kerugian yang diderita ketika negara Italia didirikan. Pada tahun 1984, Concordat ini disesuaikan lagi.

Politik

Vatikan merupakan sebuah kaukus unik, sebuah contoh dari sebuah kerajaan di mana fungsi kepala negara, yaitu sang Paus tidak diwariskan tetapi dipilih untuk seumur hidup oleh dewan Kardinal. Anggota dewan kardinal yang dapat memilih adalah mereka yang berumur di bawah 80 tahun. Pertemuan dewan kardinal untuk memilih Paus ini disebut konklaf dan dilaksanakan di Kapel Sistina. Kata konklaf ini berasal dari bahasa Latin cum clavis yang artinya adalah “dengan kunci”. Maksudnya merekalah yang memegang kunci pemilihan. Kata cum clavis ini juga memiliki arti bahwa para kardinal dikunci di Kapel Sistina selama proses pemilihan tersebut.

Istilah Takhta Suci merujuk kepada otoritas, yurisdiksi dan kedaulatan Paus dan para penasehatnya dalam memimpin Gereja Katolik Roma. Takhta Suci mempunyai hak yang sama dengan sebuah negara berdaulat.

Sebagai negara berdaulat, Vatikan juga mempunyai hak untuk mengirim dan menerima diplomat. Para diplomat ini membutuhkan Kedutaan Besar yang harus berkedudukan di kota Roma karena tidak ada tempat di Vatikan. Dengan demikian ada sebuah situasi paradoksal di mana Italia mempunyai perwakilan di wilayahnya sendiri. Indonesia juga memiliki perwakilan di Takhta Suci.

Militer dan Kepolisian

Walaupun paus-paus sebelumnya menyewa tentara bayaran Swiss sebagai bagian tentara Vatikan, Garda Swiss Sri Paus diresmikan oleh Paus Julius II pada tanggal 22 Januari 1506 sebagai pengawal pribadi Sri Paus. Mereka terus melaksanakan tugasnya itu hingga hari ini. Mereka terdaftar di dalam Daftar Tahunan Kepausan (Annuario Pontifico) di bagian Takhta Suci dan bukan di bagian Negara Vatikan.

Pada akhir tahun 2005, Garda Swiss berkekuatan 134 anggota. Penerimaan anggota baru berdasarkan persetujuan khusus antara Takhta Suci dan Negara Swiss, dan terbatas hanya bagi warganegara Swiss laki-laki yang beragama Katolik. Garda Palatine dan Garda Kemuliaan dibubarkan oleh Paus Paulus VI di tahun 1970. Walau Garda Palatine didirikan pada mulanya sebagai kekuatan bersenjata untuk membela negara-negara yang tunduk pada Sri Paus, fungsi-fungsinya dalam Negara Vatikan, seperti juga Garda Kemuliaan, hanyalah untuk upacara-upacara resmi belaka.

Corpo della Gendarmeria berperan sebagai kekuatan kepolisian. Nama lengkapnya adalah Corpo della Gendarmeria dello Stato della Città del Vaticano (translasi harafiahnya “Korps Polisi Negara Vatikan”), walaupun kadang-kadang mereka dikenal dengan julukan Vigilanza, kependekan dari nama mereka sebelumnya. Gendarmeria bertanggung-jawab atas ketertiban publik, penegakan hukum, pengendalian massa dan lalu-lintas, serta penyelidikan kriminal di Vatikan.

Geografi


Peta lokasi Vatikan di Eropa.

Kota Vatikan terletak di atas bukit Vatikan di sebelah barat laut kota Roma, beberapa ratus meter dari Sungai Tiber. Perbatasannya dengan Italia sepanjang (3,2 km) mengikuti tembok kota yang dahulu dibangun untuk melindungi Paus dari serangan. Total wilayah adalah 0,44 km². Selain kota Vatikan, wilayah Paus juga meliputi beberapa gereja penting, kantor-kantor dan Castel Gandolfo. Paus adalah Kepala Negara sedangkan seorang gubernur mengurusi keperluan sehari-hari.

Ekonomi

Ekonomi Vatikan yang non-komersial ini disokong dengan sumbangan dari para umat Katolik seluruh dunia, penjualan perangko, koin-koin, suvenir turis, iuran masuk museum-museum, dan penjualan beberapa buku dan majalah.

Demografi

Hampir semua 650 warga Vatikan tinggal di dalam tembok kota Vatikan. Mereka termasuk rohaniawan/rohaniawati dan Garda Swiss (Bahasa Jerman: Schweizergarde; Bahasa Inggris: Swiss Guard), sebuah unit tentara bayaran dari Swiss yang secara tradisi telah menjadi pasukan pengawal Paus dan Vatikan semenjak tahun 1506. Warga Vatikan 100% beragama Katolik. Bahasa Resmi adalah Bahasa Latin, tetapi Bahasa Italia lebih sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

2.Monako

Nama resmi : Kepangeranan Monako (Inggris: Principality of Monaco, Perancis: Principauté de Monaco)
Ibukota/Pusat pemerintahan : Monaco-Ville
Bahasa resmi : Perancis
Agama mayoritas: Kristen (Katholik Roma)
Kepala negara : Pangeran Albert II
Menteri negara : Jean-Paul Proust
Luas wilayah: 1,95 km2
Penduduk:
– 2010 (PBB): 31.000 jiwa
– Kepadatan : 16.329/km²
Berdiri: 8 Januari 1297
Kemerdekaan:1419 (awal pemerintahan permanen oleh Dewan Grimaldi)

Mata uang :Euro (€), sebelum 1999 : Franc
Zona waktu:
– dalam EST :CET (UTC+1), CEST (UTC+2)
Lagu kebangsaan :Hymne Monégasque
Domain Internet : .mc
Kode telepon :+377

Kepangeranan Monako (bahasa Perancis: Principauté de Monaco atau Monaco; Monegasque: Munegu atau Principatu de Munegu) adalah sebuah negara-kota dan negara terkecil kedua di dunia ( Luas wilayah: 1,95 km2 dan jumlah penduduk: 31.842 jiwa (2000)], setelah Vatikan, yang terletak di antara Laut Mediterania dan Perancis di sepanjang Pantai Biru (Côte d’Azur). Monako juga adalah negara dengan kepadatan penduduk terbesar kedua di dunia.


Peta wilayah

Monako berdiri pada tanggal 8 Januari 1297.


Peta lokasi Monako di Eropa.

Nama Monako berasal dari sebuah koloni Yunani di dekat sana, Monoikos, yang didirikan pada abad ke-6 SM oleh bangsa Phokida (bahasa Inggris: Phocis).

Salah satu sumber pendapatan Monako berasal dari sektor pariwisata; setiap tahunnya banyak yang berkunjung ke situ untuk kasino dan iklimnya yang nyaman.

3. Nauru

Nama resmi :Republic of Nauru
Ibu kota/pusat pemerintahan: tidak ada, pusat administrasi di Yaren (de facto)
Kota terbesar : Distrik Yaren
Bahasa resmi : Nauru, Inggris
Agama mayoritas: Kristen
Pemerintahan : Republik
– Presiden : Marcus Stephen
Kemerdekaan : 31 Januari 1968 (dari Australia, Selandia Baru dan Inggris yang dikelola perwalian PBB)
Luas wilayah :21 km2
Penduduk:
– 2010 (PBB): 10.000 jiwa
– Kepadatan : 621/km2
Mata uang : Dolar Australia (AUD)
Zona waktu : (UTC+12)
– Musim panas (DST) : (UTC+12)
Domain Internet : .nr
Kode telepon :+674

Republik Nauru adalah negara berbentuk republik terkecil di dunia, dengan luas wilayah 21 Km2 dan jumlah penduduk 10.600 jiwa (2006). Negara ini tidak memiliki ibukota resmi. Nauru terkenal dengan hasil produksi fosfat-nya yang telah ditambang oleh gabungan perusahaan asing sejak 90 tahun terakhir.

Nauru tidak memiliki kota maupun ibu kota, namun Yaren umumnya dianggap sebagai ibu kota negara secara de facto karena sebagian besar kantor pemerintahan pusat terletak di distrik ini. PBB menggolongkan Yaren sebagai “distrik utama”.

Nauru memperoleh kemerdekaan pada 31 Januari 1968 (dari Australia, Selandia Baru dan Inggris yang dikelola perwalian PBB)


peta Nauru

Politik


Gedung parlemen Nauru

Sebanyak 18 anggota parlemen terpilih pada tahun 2004. Parlemen ini kemudian bertugas memilih presiden yang menjabat sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Dalam sistem multipartai, secara informal terdapat dua partai di Nauru, yaitu Partai Demokratik (Democratic Party) dan Partai Nauru (Nauru Party).

Pada tahun 1999 dan 2003, terjadi peristiwa yang menyimpang dari aturan mekanisme pengambilan suara yang intinya memilih René Harris dan Bernard Dowiyogo sebagai pimpinan negara alternatif. Adapun Dowiyogo meninggal saat menjabat pada tanggal 10 Maret 2003 di Washington D.C. setelah menjalani operasi jantung. Ludwig Scotty yang terpilih sebagai presiden pada tanggal 29 Mei 2003 untuk melanjutkan tugas presiden sebelumnya hampir saja gagal memenangkan pemilu yang diselenggarakan pada bulan Agustus 2003 apabila Harris tidak memberikan dukungannya.

Pada tanggal 1 Oktober 2004, Scotty memberlakukan status darurat dan membubarkan parlemen yang dianggapnya gagal mengesahkan APBN. Ia lalu memenangkan pemilu yang diadakan pada bulan itu.

Pada tahun 2003, Nauru sempat memutuskan diplomasi dengan Taiwan yang telah dijalin selama 22 tahun dan berpaling kepada Republik Rakyat Cina. Diplomasi dengan Taiwan kembali dijalin pada Mei 2005.

Geografi

Nauru adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Samudra Pasifik bagian selatan, persis di bawah garis khatulistiwa dan di sebelah selatan Kepulauan Marshall. Jarak dari Pulau Papua ke Nauru kira-kira sebanding dengan jarak dari Pulau Papua ke Pulau Jawa.

atau dapat dilihat lokasi lebih luas di kepulauan pasifik:


Peta lokasi Nauru di kepulauan pasifik

Distrik

Nauru dibagi menjadi 14 distrik, yaitu:
* Aiwo
* Anabar
* Anetan
* Anibare
* Baiti
* Boe
* Buada
* Denigomodu
* Ewa
* Ijuw
* Meneng
* Nibok
* Uaboe
* Yaren

4.Tuvalu

Nama resmi : Commonwealth of Tuvalu
Ibu kota dan kota terbesar : Funafuti
Lagu kebangsaan : Tuvalu mo te Atua
Bahasa resmi : Tuvalu, Inggris
Agama mayoritas : Kristen
Pemerintahan : Monarki konstitusional (anggota Persemakmuran Britania Raya)
– Kepala negara : Ratu Elizabeth II (dari Britania Raya)
– Gubernur Jenderal : Filoimea Telito
– Perdana Menteri :Apisai Ielemia
Kemerdekaan :1 Oktober 1978 dari Britania Raya
Luas wilayah : 26 km2
Penduduk :
– 2010 (PBB): 11.000 jiwa
– Kepadatan :447/km2
PDB (KKB) : Perkiraan 2005
– Total : US$12 juta
– Per kapita : US$1.100
Mata uang : Dolar Tuvalu atau Dolar Australia (AUD)
Zona waktu : (UTC+12)
– Musim panas (DST) : (UTC+12)
Domain Internet : .tv
Kode telepon :+688


Peta wilayah Tuvalu

Tuvalu, dulunya dikenal sebagai Kepulauan Ellice, adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di antara Hawaii dan Australia di Samudra Pasifik. Titik tertinggi di antara 114 pulau yang membentuk negara ini hanya setinggi 5 m di atas permukaan laut.


Peta lokasi Tuvalu di Kepulauan Pasifik

Pembagian wilayah administrasi
Tuvalu di bagi menjadi 9 distrik:
* Funafuti
* Nanumea
* Nui
* Nukufetau
* Nukulaelae
* Vaitupu
* Nanumanga
* Niulakita
* Niutao

5.San Marino

Nama resmi :Serenissima Repubblica di San Marino
Ibu kota/Pusat pemerintaha: San Marino
Kota terbesar : Serravalle
Bahasa resmi : Italia
Agama mayoritas: Kristen (Katholik Roma)
Lagu kebangsaan: Inno Nazionale
Berdiri : 3 September 301
Pemerintahan: Republik
– 2 (dua) Wali Kapten (Two Captains-regent) :Gianfranco Terenzi & Loris Francini
Kemerdekaan :-
Luas wilayah:61.2 km2
Penduduk:
– 2010 (PBB): 31.500 jiwa
– Kepadatan :471/km2
PDB (KKB) : Perkiraan 2005
– Total : US$0,94 miliar (174)
– Per kapita : US$34.600 (5)
Mata uang: Euro (EUR)
Zona waktu : (UTC+1)
– Musim panas (DST) : (UTC+2)
Domain Internet : .sm
Kode telepon :+378

Republik San Marino merupakan negara terkecil ke lima di dunia dan dikelilingi oleh Italia tepatnya di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Rimini, daerah Emilia-Romagna dan di sebelah selatan provinsi Pesaro dan Urbino, daerah Marche.

San Marino adalah negara republik konstitusional tertua di dunia, dibentuk pada 3 September 301 oleh Santo Marinus dari Rab, seorang tukang batu Kristiani yang kabur pada saat persekusi agama oleh Kaisar Romawi Diocletian. Konstitusi San Marino diberlakukan pada 1600, adalah konstitusi tertua di dunia yang masih berlaku.

Sejarah

Menurut tradisi, Santo Marinus meninggalkan pulau Rab di Kroasia bersama teman seumur hidupnya Leo dan pergi ke Rimini sebagai tukang batu. Setelah persekusi karena dia mengajar Kristiani, dia lari ke Monte Titano, di mana dia membangun gereja kecil dan mendirikian kota dan negara San Marino. Tanggal resmi pendirian Republik ini adalah 3 September 301.


Menara Montale di Monte Titano.

Pada pertengah abad ke-5, sebuah komunitas dibentuk, karena lokasinya yang sulit dicapai dan kemiskinannya, negara ini berhasil mempertahankan kemerdekaannya walaupun dengan sedikit gangguan. Pada 1631 kemerdekaannya diakui oleh Negara-negara Kepausan.
Patung dada dari Giuseppe Garibaldi di San Marino, monumen pertama di dunia yang didedikasikan kepada “Pahlawan Dua Dunia”. Buatan Stefano Galletti, didirikan pada 1882.

Pada masa Unifikasi Italia di abad ke-19, San Marino berlaku sebagai tempat pengungsian bagi banyak orang yang dipersekusi karena mendukung unifikasi. Atas bantuan ini, Giuseppe Garibaldi menerima permintaan San Marino untuk tidak disatukan ke dalam negara Italia yang baru. Napoleon menolak merebut negara ini. Dan ketika ditanyakan mengapa, dia berkomentar “Mengapa? Negara ini adalah sebuah model republik!”

Pada Perang Dunia I, Italia mengumumkan perang pada Austria-Hungaria pada 23 Mei 1915. San Marino tetap bersikap netral dan Italia mengambil sikap bermusuhan, menduga San Marino melindungi mata-mata Austria yang dapat diberi akses ke stasiun radiotelegrafnya yang baru. Italia mencoba untuk mendirikan detasemen Carabinieri secara paksa dalam wilayahnya dan kemudian menolak hubungan telepon dengan Republik ketika negara ini tidak setuju.

Pada Perang Dunia II San Marino tetap bersikap netral. Namun pada 26 Juni 1944 negara ini dibom oleh RAF, yang percaya bahwa negara ini diperintah oleh pasukan Jerman dan digunakan untuk menumpuk senjata. Enam puluh orang meninggal dalam operasi tersebut. San Marino menampung ribuan pengungsi yang mencari keamanan ketika pasukan Sekutu melalui Gothic Line.

San Marino menjadi anggota Majelis Eropa pada 1988 dan anggota PBB pada 1992. Negara ini bukan anggota Uni Eropa, tetapi mengadopsi mata uang Euro karena sistem keuangannya terintegrasi dengan Italia.

Latar belakang

Republik San Marino merupakan republik tertua di dunia yang masih ada, yang dibentuk pada tahun 301 oleh Santo Marinus (atau San Marino dalam bahasa Italia). Meskipun adalah negara merdeka sendiri tetapi masih tergantung pada Italia yang mengelilinginya.

Giuseppe Garibaldi yang menyatukan Italia pada tahun 1860 pernah menyembunyikan diri dari musuh di San Marino. Di sana beliau mendapatkan bala bantuan dari pemimpin San Marino dan rakyatnya untuk meneruskan perjuangannya. Maka itu Giuseppe Garibaldi berjanji bahwa San Marino akan tetap menjadi negara merdeka sendiri.

Geografi


Peta wilayah San Marino.

San Marino adalah sebuah enklaf dalam Italia, berbatasan dengan region Emilia-Romagna dan Marche. Topografinya didominasi oleh Pegunungan Apennine. Titik tertinggi di negara ini adalah Gunung Titano, terletak pada ketinggian 749 m di atas permukaan laut. San Marino adalah negara terkecil ke-3 di Eropa setelah Kota Vatikan dan Monako. San Marino tidak memiliki tanah yang datar, 100% negara ini terletak di atas pegunungan.

Demografis

Negara ini berpenduduk kurang lebih 30,000 orang, termasuk 1,000 orang asing, yang sebagian besarnya adalah orang Italia. Kurang lebih 5,000 penduduknya tinggal di luar negeri, sebagian besar tinggal di Italia. Bahasa yang digunakan di negara ini adalah bahasa Italia. Menurut CIA World Factbook, rata-rata jangka hidup laki-laki mencapai 78.52 tahun sedangkan perempuan mencapai 85.72 tahun.

Transportasi

San Marino tidak memiliki bandara sendiri, tetapi memiliki sebuah landasan helikopter yang terletak di Borgo Maggiore. Bandara yang terdekat berada di kota Rimini, Italia, yaitu bandara internasional Federico Fellini.

Ekonomi

Walaupun San Marino bukan merupakan anggota Uni Eropa namun euro menjadi mata uang resmi negara ini. Industri utama di negara ini bergerak dalam bidang perbankan, elektronik dan keramik. Produksi agrikultur utama dalam yaitu anggur dan keju.

6.Liechtenstein

Nama resmi : Principality of Liechtenstein (Jerman: Fürstentum Liechtenstein)
Ibu kota : Vaduz
Kota terbesar : Schaan
Bahasa resmi : Jerman
Agama mayoritas : Kristen
Pemerintahan : Monarki konstitusional
– Kepala negara : Pangeran Hans-Adam II
– Bupati : Alois
– Perdana Menteri : Otmar Hasler
Berdiri: 23 Januari 1719 (Principality of Liechtenstein didirikan)
Kemerdekaan : 12 Juli 1806 (kemerdekaan dari Kekaisaran Romawi Suci)
Luas wilayah: 160 km2
Penduduk :
– 2009 (PBB) : 35.000 jiwa
– Kepadatan : 210/km2
PDB (KKB) : Perkiraan 2005
– Total : US$0,82 miliar (177)
– Per kapita : US$25.000 (27)
Mata uang : Franc Swiss (CHF)
Zona waktu : (UTC+1)
– Musim panas (DST) : (UTC+2)
Domain Internet : .li
Kode telepon : +423


Peta wilayah Liechtenstein.

Kepangeranan Liechtenstein beribu kota Vaduz adalah sebuah negara kerajaan seluas kurang lebih 120 kilometer persegi yang terkurung daratan. Terletak di tepi timur Sungai Rhein di antara negara Austria dan Swiss, segala urusan luar negeri negara berbahasa Jerman ini diurus oleh Swiss. Liechtenstein terkenal pula dengan jasa perbankan dan mengandalkan pendapatan dari sektor pariwisata, terutama penjualan prangko.

Munisipalitas

Liechtenstein dibagi menjadi 11 munisipalitas (gemeinde):
* Vaduz
* Schaan
* Balzers
* Triesen
* Eschen
* Mauren
* Triesenberg
* Ruggell
* Gamprin
* Schellenberg
* Planken

7.Kepulauan Marshall

Nama resmi : Republic of the Marshall Islands
Ibu kota (dan kota terbesar) : Majuro
Bahasa resmi : Marshall, Inggris
Lagu kebangsaan : Forever Marshall Islands
Agama mayoritas : Kristen
Pemerintahan : Republik
– Presiden : Jurelang Zedkaia
Kemerdekaan : 21 Oktober 1986 (dari perwalian-AS diberikan PBB)
Luas wilayah :181.3 km2
Penduduk:
– 2010 (PBB) :54.400 jiwa
– Kepadatan : 325/km2 (20)
PDB (KKB) : Perkiraan 2005
– Total : US$0,115 miliar (190)
– Per kapita : US$1.600 (158)
Mata uang : Dolar AS (USD)
Zona waktu : (UTC+12)
– Musim panas (DST) : (UTC+12)
Domain Internet : .mh
Kode telepon :+692

Republik Kepulauan Marshall adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik bagian barat, terdiri dari . Dia berbatasan dengan Nauru dan Kiribati di sebelah selatan, Mikronesia di barat, dan Pulau Wake di utara.


Peta wilayah Kepulauan Marshall.

Sejarah

Walaupun warga Mikronesia menghuni Kepulauan Marshall pada abad 2000 SM, pengetahuan tentang sejarah awal negara ini hanya sedikit. Penjelajah Spanyol Alonso de Salazar merupakan orang Eropa pertama yang menemukan Kep. Marshall, tetapi kepulauan ini tidak pernah dikunjungi lagi selama beberapa abad hingga kapten Inggris John Marshall mengunjuginya pada 1788; kepulauan ini dinamakan menurut namanya.

Sebuah perusahaan dagang Jerman mendirikan cabang di Kep. Marshall pada 1885 yang menjadi bagian dari protektorat Jerman Nugini beberapa tahun kemudian. Jepang menguasai kepulauan ini pada Perang Dunia I berdasarkan mandat Liga Bangsa-Bangsa (LBB).


Gbr. sebuah kubah beton besar selama kawah yang ditinggalkan oleh ledakan nuklir di Pulau Runit topi lepas puing-2 radioaktif dari tes di tahun 1940-an dan 1950-an

Pada 1944 saat Perang Dunia II, Amerika Serikat menyerbu kepulauan ini dan memasukkannya ke dalam Wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik (Trust Territory of the Pacific Islands). Setelah perang berakhir, AS mulai melaksanakan beberapa uji coba nuklir di Kep. Marshall yang berlanjut hingga 1960-an. Akibatnya, banyak penduduk Marshall yang terkena efek tingkat radiasi tinggi sehingga klaim kompensasi masih berlangsung hingga kini.

Pada 1979, Republik Kep. Marshall didirikan dan sebuah perjanjian Compact of Free Association dengan AS ditandatangani, yang mulai berlaku pada 1986.

Geografi


Peta lokasi Kep. Marshall di Kepulauan Pasifik.

Kep. Marshall terdiri dari 29 atol dan 5 pulau terpencil. ⅔ populasinya tinggal di Atol Majuro (juga nama ibu kota) dan Ebeye. Siklon tropis kadang-kadang melanda kepulauan ini.

8.Saint Kitts dan Nevis

Nama resmi : Federation of Saint Christopher and Nevis
Ibu kota (dan kota terbesar) : Basseterre
Lagu kebangsaan : O Land of Beauty!
Bahasa resmi : Inggris
Agama masyoritas : Kristen
Pemerintahan : Monarki konstitusional (Anggota Commonwealth Britania Raya)
– Kepala negara : Ratu Elizabeth II (Ratu Inggris)
– Gubernur-Jenderal : Sir Cuthbert Sebastian
– Perdana Menteri : Dr. Denzil Douglas
Kemerdekaan :19 September 1983 dari Britania Raya
Luas wilayah :269 km2
Penduduk :
– 2001 (PBB) : 46.000 jiwa
– Kepadatan : 149/km2 (51)
PDB (KKB) : Perkiraan 2005
– Total : US$0,59 miliar (183)
– Per kapita : US$14.293 (48)
Mata uang : Dolar Karibia Timur (XCD)
Zona waktu : (UTC-4)
– Musim panas (DST) : (UTC-4)
Domain Internet : .kn
Kode telepon : +869


Peta wilayah Saint Kitts dan Nevis.

Federasi Saint Kitts dan Nevis adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Kepulauan Leeward, Karibia. Ibu kota dan kursi pemerintahan federal bertempat di Pulau Saint Kitts. Pulau Nevis yang lebih kecil wilayahnya berjarak sekitar 3 km sebelah tenggara Saint Kitts.

Lingkungan


Peta lokasi Saint Kitts dan Nevis di Kepulauan Karibia.

Saint Kitts dan Nevis dibagi menjadi 14 lingkungan (parish):

* Christ Church Nichola Town
* Saint Anne Sandy Point
* Saint George Basseterre
* Saint George Gingerland
* Saint James Windward
* Saint John Capisterre
* Saint John Figtree
* Saint Mary Cayon
* Saint Paul Capisterre
* Saint Paul Charlestown
* Saint Peter Basseterre
* Saint Thomas Lowland
* Saint Thomas Middle Island
* Trinity Palmetto Point

09. Maladewa

Nama resmi : Republic of Maldives
Ibu kota (dan kota terbesar) : Malé
Bahasa resmi : Divehi
Lagu kebangsaan : Gavmii mi ekuverikan matii tibegen kuriime salaam
Agama resmi : Islam (100%)
Pemerintahan : Republik
– Presiden : Mohamed Nasheed
– Wakil Presiden : Mohammed Waheed Hassan
Kemerdekaan : 26 Juli 1965 dari Britania Raya
Luas wilayah : 298 km2
Penduduk :
– 2010 (PBB) : 313.900 jiwa
– Kepadatan 1.163/km2
PDB (KKB) : Perkiraan 2005
– Total : US$2,38 miliar (165)
– Per kapita : US$7.327 (80)
Mata uang : Rufiyaa (MVR)
Zona waktu : (UTC+5)
– Musim panas (DST) : (UTC+5)
Domain Internet : .mv
Kode telepon : +960


Peta wilayah Maladewa.

Ibukota Male terletak di Atol paling tengah.


Peta ibukota Male.

Republik Maladewa adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari kumpulan atol di Samudra Hindia. Maladewa terletak di sebelah selatan-barat daya India, sekitar 700 km sebelah barat daya Sri Lanka. Negara ini memiliki 26 atol yang terbagi menjadi 20 atol administratif dan 1 kota.

dan lihat yang ini:


Peta lokasi Maladewa di Samudera Hindia (Indonesia).

Dibawah ini gambar beberapa Atol di Maladewa yang sungguh indah, cantik dan eksotik, diantaranya:


ini adalah Atol yang cantik.


inilah Atol terindah.


inilah Atol terkeren.


inilah Atol yang layak dikunjungi.

10.Malta

Nama resmi : Republic of Malta
Ibu kota :Valletta
Kota terbesar : Birkirkara
Bahasa resmi : Malta, Inggris
Lagu kebangsaan : L-Innu Malti
Agama mayoritas : Kristen
Pemerintahan : Sistem Parlemen
– Presiden : George Abela
– Perdana Menteri : Lawrence Gonzi
Kemerdekaan : 21 September 1964 dari Britania Raya
Luas wilayah : 316 km2
Penduduk :
– 2009 (PBB) : 410.000 jiwa
– Kepadatan :1.261/km2
PDB (KKB) : Perkiraan 2005
– Total : US$7,57 miliar
– Per kapita : US$19.302
Mata uang : Euro (EUR) – sejak 1 Januari 2008
Zona waktu : (UTC+1)
– Musim panas (DST) : (UTC+2)
Domain Internet : .mt
Kode telepon : +356


Peta wilayah Malta.

Republik Malta adalah sebuah negara kepulauan di Eropa Selatan. Malta terdiri dari lima pulau, tiga di antaranya berpenghuni, di tengah-tengah Laut Tengah. Letaknya yang strategis telah menyebabkan Malta dijajah oleh berbagai penguasa selama berabad-abad. Malta dikenal sebagai tujuan pariwisata khususnya bagi orang Eropa. Sejak 1993, Malta terbagi menjadi 68 dewan kota (local council).


Gbr. gedung2 bersejarah di ibukota Valleta.

Pembagian Wilayah


Peta lokasi Malta di sebelah selatan Eropa.

Sejak tahun 1993, Malta dibagi menjadi 68 dewan kota yaitu:

* Il-Kunsill Lokali tal-Belt Valletta (Ċittà Umillisima) – South Street, Valletta
* Il-Kunsill Lokali tal-Imdina (Ċittà Notabile) – Council Square, Mdina
* Il-Kunsill Lokali tal-Birgu (Ċittà Vittoriosa) – Couvre Porte Street, Vittoriosa
* Il-Kunsill Lokali tal-Isla (Ċittà Invicta) – St. Joseph Street, Senglea
* Il-Kunsill Lokali ta’ Bormla (Ċittà Cospicua) – St. Margaret Square, Cospicua
* Il-Kunsill Lokali ta’ Ħal Qormi (Ċittà Pinto) – Victory Street, Qormi
* Il-Kunsill Lokali ta’ Ħaż-Żebbuġ (Ċittà Rohan) – Bishop Caruana Street, Żebbuġ, Malta
* Il-Kunsill Lokali tas-Siġġiewi (Ċittà Ferdinand) – St. Nicholas’ Square, Siġġiewi
* Il-Kunsill Lokali ta’ Ħaż-Żabbar (Ċittà Hompesch) – Ċawsli Street, Żabbar
* Il-Kunsill Lokali taż-Żejtun (Ċittà Beland) – St. Angelo Street, Żejtun
* Il-Kunsill Lokali tar-Rabat Għawdex (Ċittà Vittoria) – Independence Square, Victoria, Gozo
* Il-Kunsill Lokali ta’ Ħ’Attard – Main Street, Attard
* Il-Kunsill Lokali ta’ Ħal Balzan – Main Street, Balzan
* Il-Kunsill Lokali ta’ Birkirkara – Thomas Fenech Street, B’Kara
* Il-Kunsill Lokali ta’ Birżebbuġa – St. Mary’s Street, B’Bugia
* Il-Kunsill Lokali ta’ Ħad-Dingli – Sienja Lane, Dingli
* Il-Kunsill Lokali tal-Fgura – Carmelo Street, Fgura
* Il-Kunsill Lokali tal-Floriana – E.S. Tonna Square, Floriana
* Il-Kunsill Lokali tal-Fontana – Spring Street, Fontana, Gozo
* Il-Kunsill Lokali t’Għajnsielem – Apiration Square, Għajnsielem, Gozo
* Il-Kunsill Lokali tal-Għarb – Visitation Street, Għarb, Gozo
* Il-Kunsill Lokali ta’ Ħal Għargħur – St. Nicholas’ Street, Għargħur
* Il-Kunsill Lokali tal-Għasri – Rev. C. Caruana Street, Għasri, Gozo
* Il-Kunsill Lokali ta’ Ħal Għaxaq – Labour Avenue, Għaxaq
* Il-Kunsill Lokali tal-Gudja – R. Caruana Street, Gudja
* Il-Kunsill Lokali tal-Gżira – Rue D’Argens, Gżira
* Il-Kunsill Lokali tal-Ħamrun – St. Joseph High Street, Hamrun
* Il-Kunsill Lokali tal-Iklin – Romancers Path, Iklin
* Il-Kunsill Lokali tal-Kalkara – Salvatur Estate, Kalkara
* Il-Kunsill Lokali ta’ Ta’ Kerċem – Orvieto Square, Kerċem, Gozo
* Il-Kunsill Lokali ta’ Ħal Kirkop – St. Benedict Street, Kirkop
* Il-Kunsill Lokali ta’ Ħal Lija – R. Mifsud Bonnici Street, Lija
* Il-Kunsill Lokali ta’ Ħal Luqa – St. Paul’s Street, Luqa
* Il-Kunsill Lokali tal-Marsa – Balbi Street, Marsa
* Il-Kunsill Lokali ta’ Marsaskala – Salini Street, M’Scala
* Il-Kunsill Lokali ta’ Marsaxlokk – V. Cassar Street, M’Xlokk
* Il-Kunsill Lokali tal-Mellieħa – New Mill Street, Mellieħa
* Il-Kunsill Lokali tal-Imġarr – Sir Harry Luke Street, Mġarr
* Il-Kunsill Lokali tal-Mosta – Constitution Street, Mosta
* Il-Kunsill Lokali tal-Imqabba – Parish Street, Mqabba
* Il-Kunsill Lokali tal-Imsida – Church Street, Msida
* Il-Kunsill Lokali tal-Imtarfa – Maltese Regiments Street, Mtarfa
* Il-Kunsill Lokali tal-Munxar – Profs. G. Aqulina Street, Munxar, Gozo
* Il-Kunsill Lokali tan-Nadur – North Street, Nadur, Gozo
* Il-Kunsill Lokali tan-Naxxar – 21st September Avenue, Naxxar
* Il-Kunsill Lokali ta’ Paola – Sir Paul Boffa Garden, Church Street, Paola
* Il-Kunsill Lokali ta’ Pembroke – Alamein Street, Pembroke
* Il-Kunsill Lokali ta’ Tal-Pietà – K. Mifsud Street, Pieta’
* Il-Kunsill Lokali tal-Qala – Bishop M. Buttigieg Street, Qala, Gozo
* Il-Kunsill Lokali tal-Qrendi – Church Street, Qrendi
* Il-Kunsill Lokali tar-Rabat – Hospital Street, Rabat
* Il-Kunsill Lokali ta’ Ħal Safi – School Street, Safi
* Il-Kunsill Lokali ta’ San Ġiljan – Forrest Street, St. Julians’
* Il-Kunsill Lokali ta’ San Ġwann – R. Caruana Dingli Street, San Ġwann
* Il-Kunsill Lokali ta’ San Lawrenz – Our Lady of Sorrows Street, St. Lawrence, Gozo
* Il-Kunsill Lokali ta’ San Pawl il-Baħar – St. Paul’s Street, St. Paul’s Bay
* Il-Kunsill Lokali ta’ Ta’ Sannat – Sannat Road, Sannat, Gozo
* Il-Kunsill Lokali ta’ Santa Luċija – Faqqani Estate, Sunflower Street, St. Lucia
* Il-Kunsill Lokali ta’ Santa Venera – St. Joseph High Street, St. Venera
* Il-Kunsill Lokali ta’ Tas-Sliema – Depiro Street, Sliema
* Il-Kunsill Lokali tas-Swieqi – St. Andrews’ Road, Swieqi
* Il-Kunsill Lokali ta’ Ħal Tarxien – St. Mary’s Street, Tarxien
* Il-Kunsill Lokali ta’ Ta’ Xbiex – Mradd Street, Ta’ Xbiex
* Il-Kunsill Lokali tax-Xagħra – 8th September Avenue, Xagħra, Gozo
* Il-Kunsill Lokali tax-Xewkija – Tingi Tower Street, Xewkija, Gozo
* Il-Kunsill Lokali tax-Xgħajra – E. Ellul Street, Xgħajra
* Il-Kunsill Lokali taż-Żebbuġ Għawdex – Church Street, Żebbuġ, Gozo
* Il-Kunsill Lokali taż-Żurrieq – P.P. Saydon Street, Żurrieq

Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_negara_menurut_luas_wilayah

http://news.bbc.co.uk/2/hi/country_profiles/default.stm

https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/index.html

About these ads