Berikut adalah Majalah AKUNTAN INDONESIA, Edisi No.2/Tahun I/Oktober 2007
AKUNTANSI SYARIAH, Apa yang ditakutkan?

Pengantar Redaksi

Akuntansi syariah melaju kencang seiring kian pesatnya perkembangan ekonomi syariah di Indonesia, terutama di bidang perbankan, sehingga bisnis perbankan berbasis syariah kini menjadi tren yang patut dibanggakan. Ikatan Akuntan Indonesia pun sejauh ini telah menerbitkan 6 (enam) standar terkait dengan akuntansi syariah, yaitu :
PSAK 101 (penyajian dan pengungkapan laporan keuangan entitas syariah),
PSAK 102 (murabahah),
PSAK 103 (salam),
PSAK 104 (istishna’),
PSAK 105 (mudharabah),
dan PSAK 106 (musyarakah).

Namun, sepertinya masih ada sejumput kebimbangan di beberapa kalangan menyikapi perkembangan ekonomi syariah, dan termasuk juga implikasinya terhadap akuntansi syariah. Apa sebenarnya yang melandasi kebimbangan atau bahkan menjadi sebuah ketakutan beberapa kalangan tersebut terhadap ekonomi dan akuntansi syariah? Haruskah perkembangan yang merupakan suatu keniscayaan tersebut
disikapi dengan kebimbangan dan atau ketakutan? Apa pula bedanya dengan sistem barat?
Edisi kedua Akuntan Indonesia ini menyajikan beberapa wacana konsep dan perkembangan serta pengembangan akuntansi syariah plus praktiknya di Indonesia, dan ada juga contoh praktik akuntansi syariah di Timur Tengah, Merdiban.
Dari belahan luar Indonesia, kami sajikan berita adanya dukungan konverjensi International Financial Reporting Standards (IFRS) dari Beijing.
Beberapa artikel juga disajikan agar bisa menambah bobot kajian ilmiah, sehingga Akuntan Indonesia tak melulu berisi berita dan feature, namun juga bisa menambah khasanah keilmuan kita semua.

Untuk bisa membaca lebih lengkap isi MAJALAH AKUNTAN INDONESIA, Edisi No.2/Tahun I/Oktober 2007 tentang AKUNTANSI SYARIAH, silahkan klik tautan ini : DOWNLOAD

Semoga bermanfaat…^_^

Advertisements