baca sebelumnya:
Kamus Istilah Komputer dan Informatika (1)
Kamus Istilah Komputer dan Informatika (2)
Kamus Istilah Komputer dan Informatika (3)
Kamus Istilah Komputer dan Informatika (4)
Kamus Istilah Komputer dan Informatika (5)
Kamus Istilah Komputer dan Informatika (6)

T

Tag
Kode HTML yang digunakan untuk menunjukkan jenis teks, link, grafik atau elemen HTML lainnya.

Taskbar
Sebuah on-screen toolbar pada layar yang menunjukkan task atau aplikasi yang sedang aktif/berjalan. Jika kita mengklik tombol taskbar, hal ini akan mengakibatkan aplikasi yang sedang berjalan kembali pada startup-nya/posisi awalnya.

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
Protokol komunikasi yang mula-mula dikembangkan oleh Departemen Pertahanan AS. TCP/IP menyediakan jalur transportasi data sehingga sejumlah data yang dikirim oleh suatu server dapat diterima oleh server yang lain. TCP/IP merupakan protokol yang memungkinkan sistem di seluruh dunia berkomunikasi pada jaringan tunggal yang disebut Internet

Teleconferencing
Konferensi (rapat) jarak jauh atau komunikasi interaktif antara tiga orang atau lebih yang terpisah jauh secara geogafis.

Template
Dokumen berisikan model-model tampilan yang muncul pada saat proses pembuatan dokumen lain.

Texel (TEXture ELement)
Unit terkecil dari texture map yang dapat diidentifikasi/dipetakan. Jika objek gambar dekat, maka satu texel dipetakan pada satu pixel layar. Jika objeknya jauh, sejumlah texel dirata-ratakan pada satu layar pixel.

Text Field
Salah satu elemen form tempat pemakai memasukkan isian text.

Text File
File yang mengandung text ASCII, sehingga tidak dapat menghasilkan gambar orang tersenyum seperti ke mengetikkan “:” dan “)” dalam word.

Theme
Kesatuan visual unik yang terdiri atas warna, huruf, gambar dan suara, dalam sebuah aplikasi.

Thread
Sebuah artikel yang ditempatkan ke sebuah Usenet newsgroup bersama-sama dengan semua artikel yang mengikutinya, artikel yang mengikutinya, dan seterusnya. Mengelola artikel-artilkel menjadi thread menyebabkannya menjadi lebih mudah memilih artikel di sebuah newsgroup yang ingin dibaca

Timeline
Pengaturan durasi sebuah scene-jumlah frame pada suatu scene. Timeline dapat digunakan untuk mengatur dan menggabungkan animasi berbagai teks atau gambar.

Title
Tag HTML yang digunakan untuk memberikan judul tiap dokumen HTML.

Transmision Line
Jalur transmisi, koneksi fisikal dari komputer melalui Internet seperti jalur telepon atau TI.

Tray Icon
Dalam sistem operasi Windows, tray icon ini terletak pada toolbar di sebelah jam yang dapat menunjukkan status program yang berjalan pada komputer.

Trojan Horse
Sebuah aplikasi yang didesain untuk melakukan sebuah kecurangan namun terselubung dengan kebaikan. Biasanya metode yang dipakai adalah dengan menyelipkan (attach file lewat e-mail) sebuah file tertentu yang mengandung Trojan Horse namun dengan kemasan menarik. Kalau Trojan Horse berhasil menginfeksi maka bisa dipastikan hacker bisa mendapat akses tak terhingga ke komputer korban. Tiga jenis Trojan Horse yang popular digunakan adalah Bac Orifice, NetBus, dan SubSeven.

True Color
Warna nyata yang memiliki 24 bits dan variasi 16,7 juta warna. Istilah true color digunakan untuk sistem Macintosh (untuk PC tidak sering dipakai) dalam menyebutkan properti citra dari tampilan.

Truform
Pada ATi Radeon, Truform merupakan teknik untuk menampilkan tingkat kerealistisan objek gambar pada game-game 3D baik game terbaru maupun game lama.

Trustix
Salah satu distro Linux, Trustix dengan produk Trustix Secure Linux (TSL) adalah distro yang memposisikan diri untuk server dan memprioritaskan pada masalah keamanan. Digunakan oleh puluhan ribu pengguna di seluruh dunia. Dapat diperoleh secara gratis di websitenya, atau belanja online).

Trustix Merdeka
Salah satu distro Linux, dari namanya, distro ini ditujukan bagi pengguna Indonesia, berbasis dari TSL. Secara keseluruhan telah memakai bahasa Indonesia, misalnya pada menu KDEnya.

Tutorial
Program petunjuk untuk menjalankan sebuah aplikasi.

Tweak
Melakukan perubahan kecil pada sistem elektronik atau pada software untuk mendapatkan peningkatkan performa.

TwinBank Memory Architecture
Arsitektur memori Nvidia. TwinBank ini memungkinkan CPU, GPU dan MCP secara simultan mengakses bandwith sistem memori dan memastikan akses yang berkelanjutan untuk semua aplikasi setiap saat.

TwinView Dual-Display Architecture
Teknologi multi display dari Nvidia. TwinView meningkatkan produktivitas dengan memungkinkan pengguna memiliki dua tampilan secara simultan tanpa membutuhkan kartu grafis kedua.

U

UFS
File system ini digunakan oleh beberapa sistem UNIX, Solaris, dan SunOS(4.2). Linux hanya dapat membaca file system ini.

Umsdos
Dukungan ini dibutuhkan bila ingin menjalankan Linux di atas partisi DOS tapi sepertinya RedHat Linux tidak akan bisa berjalan pada sebuah file system umsdos.

Unified Driver Architecture (UDA)
UDA memastikan kompatibilitas menyeluruh dengan driver software. UDA memudahkan upgrade ke produk Nvidia terbaru karena semua produk buatan Nvidia bisa bekerja dengan software driver yang sama.

UNIX
Sistem operasi yang digunakan baik pada PC maupun Mainframe. Banyak komputer dan server yang terhubung dengan Internet menggunakan UNIX.

Upload
Proses mentransfer informasi dari sebuah komputer ke komputer lain/server melalui Internet.

URL (Uniform Resource Locator)
Sebuah alamat yang menunjukkan rute ke file pada Web atau pada fasilitas Internet yang lain. URL diketikkan pada browser untuk mengakses suatu situs Web.

USB (Universal Serial Bus)
Socket yang terdapat di semua PC model baru untuk koneksi perangkat-perangkat USB. USB mendukung instalasi yang mudah dengan system Plug and Play, dan secara bertahap menggantikan port serial dan pararel yang lama. Perangkat USB meliputi scanner, modem dan printer.

User Interface
Tampilan yang dilihat oleh user pada sistem operasi, tampilan ini dibuat sesederhana mungkin gunanya untuk memudahkan user dalam bekerja.

UUCP (UNIX-to-UNIX Copy)
Merupakan mekanisme yang lebih tua yang digunakan untuk mentransfer file e-mail, serta electronic news di antara mesin-mesin UNIX. Mesin-mesin UUCP terhubung satu dengan yang lain melalui kabel telepon dengan menggunakan modem, UUCP juga dapat mentransfer melewati network TCP/IP.

V

V.32
Protokol yang digunakan modem untuk mentransfer data dengan kecepatan maksimum 9600 bps.

V.32bis
Protokol yang digunakan modem untuk mentransfer data dengan kecepatan maksimum 28800 bps.

V.34
Protokol yang digunakan modem untuk mentransfer data dengan kecepatan maksimum 28800 bps.

V.42
Standard ITU (1989) untuk mengecek terjadinya error (kesalahan) pada modem yang menggunakan LAP-M sebagai protokol utama dan MNP Classes 2 through sebagai protokol alternatif.

V.42bis
Protokol yang digunakan modem untuk mengkompresi data sampai maksimum empat kali lebih kecil.

V.90
Standard ITU (1988) untuk modem yang bekerja pada downstream kecepatan 56 Kbps dan upstream kecepatan 33.6 Kbps.

Veronica (Very Easy Rodent Oriented Net-widw Index to Computerized Archives)
Program yang menolong menemukan hal-hal di dalam Gopherspace seorang teman dari Archie.

Version creep
Problem yang muncul tatkala banyak sekali orang menambahkan fasilitas-fasilitas ke program yang sedang dipakai orang tersebut.

Vertex
Titik yang merupakan perpotongan dari garis. Pada segitiga terdapat tiga buah vertex.

Vertex Shaders
Bagian dari nfiniteFX engine, Vertex Shaders digunakan untuk memberikan kesan hidup dan lebih nyata pada sebuah karakter atau tampilan layar. Sebagai contoh, melalui vertex shading, para pengembang aplikasi dapat membuat kerut yang muncul pada wajah ketika karakter tersebut tersenyum.

Very Large Scale Integration (VLSI)
Teknologi ini memungkinkan untuk memproses sinyal sampai tingkat baseband di satelit.

VESA (Video Electronic Standard Assosiation)
Sebuah standard VESA untuk menjalankan sinyal audio dan video PC melalui sebuah kabel. Di sini monitor digunakan sebagai point sentral distribusi untuk menghubungkan printer, keyboard dan mouse. Dengan demikian akan mengurangi keruwetan kabel pada desktop.

VESA (Video Electronic Standard Assosiation)
Sebuah standard VESA untuk menjalankan sinyal audio dan video PC melalui sebuah kabel. Di sini monitor digunakan sebagai point sentral distribusi untuk menghubungkan printer, keyboard dan mouse. Dengan demikian akan mengurangi keruwetan kabel pada desktop.

VFAT (Windows95) fs
Merupakan peningkatan dari MS-DOS FAT fs dan mendukung formal long filename. Ini juga berguna untuk komputer yang memiliki sistem dual-boot.

Video Immersion II
Video Immersion II memiliki algoritma deinterfacing dan teknik konversi frame rate baru untuk meningkatkan ketajaman dan menghindari gambar yang tampak bergoyang.

Video Processing Engine (VPE)
Engine terintegrasi yang mampu memberikan kualitas gambar tertinggi seperti DVD, video dan output display lainnya yang tersedia di pasaran saat ini. Decoder integrated hardware MPEG2 mengurangi beban CPU saat memutar video berkualitas DVD.

Virtual Circuit
Proses pemesanan bandwith atau memori serta perjanjian terlebih dahulu antara pihak pengirim dan penerima paket TCP.

VLB (VESA Local Bus)
Ekstensi 32 bit yang mempunyai kecepatan tinggi untuk ISA dipromosikan oleh ESA.

VPN (Virtual Private Network)
Suatu jaringan yang menggunakan fasilitas jaringan publik/umum tetapi mempunyai policy seperti pada jaringan privat/pribadi. Pengguna dapat menikmati fasilitas-fasilitas yang ada pada jaringan privat seperti tingkat security yang tinggi, quality of service (QoS), kemudahan manajemen dan tingkat kepercayaan yang tinggi. Secara garis besar, VPN dibagi menjadi dua (2) kategori yaitu Dial VPN dan Dedicated VPN. Dial VPN terdiri dari Access VPN, sedangkan Dedicated VPN terbagi menjadi Intranet VPN dan Extranet VPN. Secara garis besar, VPN akan memberikan keuntungan-keuntungan seperti jaminan keamanan untuk koneksi end-to-end, peningkatan connectivity, pengurangan biaya dan pengaturan prioritas dari suatu aplikasi.

Access VPN
Access VPN adalah akses dari satu lokasi ke intranet, Internet, atau extranet melalui jaringan publik dengan menggunakan policy seperti jaringan privat. Access VPN memungkinkan pengguna untuk mengakses resource perusahaannya kapanpun dan dimanapun mereka berada. Access VPN mencakup jalur analog, ISDN, digital subcriber line (DSL), mobile IP dan berbagai teknologi kabel tersebut dapat dipisahkan menjadi tiga (3) jenis, yaitu Client-Initiated, Remote Router-Initiated dan Network Access Server (NAS)-Initiated. Keuntungan-keuntungan dari perpindahan ke Access VPN antara lain adalah pengurangan biaya perusahaan akibat pengeluaran yang berhubungan dengan modem dan terminal server equipment, penggunaan pulsa lokal sehingga mengurangi penggunaan hubungan interlokal. Selain itu, Access VPN mempunyai tingkat skabilitas yang tinggi dan kemudahan dalam pengorganisasian jaringan jika ada penambahan pengguna baru, sehingga perusahaan bisa lebih berkonsentrasi pada core bisnis dan bisa mengurangi beban pemeliharaan jaringan. Telecommuter, divisi sales, perwakilan atau kantor cabang, dan karyawan yang bertugas di luar adalah para pengguna Access VPN. Client-Initiated bisa menggunakan PC dan modem atau router di Small Office Home Office (SOHO). Dengan skenario seperti ini, device/PC klien harus mempunyai aplikasi yang mendukung IPSec. Proses tunnelling terjadi antara PC pengguna ke gateway di kantor pusat.
Keuntungannya adalah data terlindungi dari network ke network. Sedangkan kerugiannya adalah dibutuhkannya perawatan yang intensif pada PC dan koneksi tidak akan terlindungi jika klien lupa menginisialisasi tunnel.
Pada Remote Router-Initiated, proses tunnelling terjadi antara remote router ke gateway kantor pusat. Remote router menggunakan IPSec untuk mengenkripsi data. Keuntungan dari tipe ini adalah kontrol, manajemen dan sekuriti diatur oleh perusahaan. Hanya dibutuhkan sumber daya untuk merawat remote router dan seluruh device yang dipakai perusahaan.
NAS-Initiated adalah Access VPN yang paling rendah tingkat security-nya, tapi tidak membutuhkan sumberdaya yang banyak. Tunnelling terjadi antara POP (Point of Presence) ke gateway kantor pusat, sehingga data pengguna antara klien dan POP tidak dilindungi. Keuntungan dari jenis ini adalah kemampuannya menampung banyak user dan tidak dibutuhkannya perawatan pada PC. Selain itu service provider dapat mendukung alamat privat, menyediakan tunnel sharing, tunnel distributing dan backup tunnel. Wireless tunnel juga dimungkinkan dengan menggunakan mobile IP.

Intranet VPN
Intranet VPN menghubungkan kantor pusat dan seluruh kantor cabang melalui infrastruktur jaringan publik menggunakan IP security (IPSec) atau Generic Route Encryption (GRE) untuk memberikan keamanan pada tunnel yang dipakai. Dengan menggabungkan service dari provider seperti mekanisme Quality of Service (QoS), manajemen bandwidth Weighted Fair Queuing (WFQ) dan penggunaan Commited Access Rate (CAR) di router peusahaan, akan memberikan penggunaan bandwidth WAN yang efisien dan throughput yang bisa dipercaya. Keuntungan dari Intranet VPN adalah pengurangan biaya bandwidth di WAN, kemudahan penggabungan kantor cabang baru dan adanya link redundancy WAN pada service provider.

Extranet VPN
Menghubungkan ke perusahaan partner dan supplier membutuhkan biaya yang tinggi dan tingkat kesulitan yang tinggi pula. Selain itu, dibutuhkan sering terjadi masalah dengan kompatibilitas device yang digunakan tiap perusahaan. Extranet VPN menghubungkan pelanggan, supplier dan partner melalui jaringan telekomunikasi publik dengan menggunakan saluran khusus. Pelayanan yang disediakan sama dengan pelayanan jika menggunakan jaringan pribadi, sehingga pengguna seperti menggunakan intranet dari perusahaan tersebut. Extranet menggunakan arsitektur dan protokol yang sama dengan yang digunakan pada Access VPN dan Intranet VPN.

Komponen Pendukung VPN:
VPN mempunyai empat (4) komponen pendukung, yang terdiri dari Security, Quality of Service (QoS), Management, dan Reliability.

Security
Sekuriti adalah komponen yang sangat penting dalam VPN. Hal tersebut disebabkan karena adanya kelemahan-kelemahan di dalam kebijaksanaan jaringan suatu perusahaan (Policy Vulnerabilities), konfigurasi suatu sistem (Configuration Vulnerabilities) dan teknologi yang digunakan (Technology Vulnerabilities). Kelemahan-kelemahan itu biasanya dimanfaatkan untuk menyusup ke dalam suatu jaringan komputer tanpa diketahui pengelolanya. Beberapa masalah yang bisa timbul antara lain adalah Packet Sniffing, Identity Spoofing, Data Theft dan Data Alteration. Packet Sniffing adalah suatu tindakan untuk mengetahui isi data yang melalui Internet. Berdasarkan laporan dari The Computer Emergency Response Team Coordination Center (CERT CC), Packet Sniffing adalah salah satu insiden yang paling banyak terjadi. Para penysusup memasukkan program Packet Sniffer untuk mendapatkan account name dan password yang bisa digunakan.
Identity Spoofing adalah suatu tindakan penyusupan dengan menggunakan identitas resmi secara ilegal. Dengan menggunakan identitas tersebut, penyusup akan dapat mengakses segala sesuatu dalam jaringan. Menyalin dan mengirim data yang bersifat rahasia tanpa diketahui oleh pemiliknya adalah suatu tindakan yang termasuk dalam Data Theft. Sedangkan Data Alteration adalah suatu tindakan untuk memodifikasi suatu data tanpa sepengetahuan yang bersangkutan. Selain hal tersebut di atas, masih banyak lagi masalah-masalah yang dapat timbul dari lemahnya sekuriti suatu jaringan. Ping-of-Death adalah salah satu cara untuk membuat suatu sistem menjadi crash, dengan mengirimkan ping dari suatu remote machine.
Untuk mengatasi hal-hal tersebut di atas, maka dibutuhkan solusi-solusi yang tepat dalam pengimplementasian VPN. Jalur komunikasi yang akan dipakai harus benar-benar terjamin keamanan dan kehandalannya. Security secara khusus akan dibahas lebih detail pada bagian kedua.
Quality of Service (QoS) adalah kemampuan dari suatu jaringan untuk menyediakan pelayanan yang lebih baik kepada lalulintas jaringan tertentu. Tujuan akhir dari QoS adalah memberikan network service yang lebih baik dan terencana dengan dedicated bandwith, jitter dan latency yang terkontrol dan meningkatkan loss characteristic.
QoS software dapat memberikan keuntungan-keuntungan sebagai berikut:
 Kontrol pada resources-kontrol diatas resources seperti bandwidth, equipment, wide-area facilities dan sebagainya. Sebagai contoh network manager dapat membatasi bandwidth yang digunakan transfer FTP di backbone atau memberi prioritas pada akses database yang penting
 Penggunaan network resources yang lebih efisien-informasi tentang network sedang digunakan untuk apa dan traffic yang paling penting untuk digunakan untuk memberikan service pada pelanggan
 Pengaturan pada aplikasi yang bersifat mission-critical-menjamin bahwa WAN digunakan secara efisien oleh aplikasi-aplikasi yang bersifat mission-critical, dimana merupakan aplikasi yang paling penting ke pelanggan; dimana dibutuhkan bandwith yang besar dan delay yang minimum kepada aplikasi seperti multimedia dan aplikasi voice, dan tidak adanya interfensi antara mission-critical traffic satu dan lainnya.
 Algoritma Class-of-service (CoS) menjamin ketepatan waktu pengiriman semua traffic di atas network yang bermacam-macam. Sebagai contoh, weighted fair queuing (WFQ) mencegah transfer file yang menggunakan bandwidth yang tidak tepat, ketika sedang sharing dengan trafic yang pendek dan bersifat interactive. Sebagai tambahan, WFQ menggunakan IP precedence bits didalam IP header untuk memberikan bobot lebih tinggi kepada traffic tertentu sehingga akan memberikan prosentase bandwidth yang lebih besar.
 The Resource Reservation Protocol (RSVP) mengijinkan aplikasi untuk memesan sebelumnya penggunaan network resource. RSVP terdiri daftar spesifikasi yang telah dipesan untuk digunakan.Daftar tersebut digunakan oleh host-host pada network untuk meminta special service dan menjamin bagaimana jaringan memeperlakukan traffic-trafic dari host tersebut.
 Committed Access Rate (CAR) QoS memberikan limitasi pada rate perfomance dan klasifikasi packet. CAR mempunyai kemampuan sebagai berikut:
 Membatasi input atau output dari transmission rate pada interface atau subinterface berdasarkan pada kriteria yang fleksible
 Klasifikasi packet dengan pengaturan pada IP precedence atau QoS group; QoS group adalah QoS class identifier internal pada router

CAR dapat digunakan berdasarkan pada kriteria tertentu seperti incoming interface, IP precedence, QoS group, atau kriteria pada IP access list. CAR memberikan tindakan yang bisa dikonfigurasi, seperti transmit, drop, set precedence, atau set QoS group, ketika traffic sesuai atau melebihi rate limit. Keuntungan dari CAR antara lain adalah menajemen bandwidth melalui rate limiting dan kalsifikasi packet classification melalui IP precedence dan QoS group setting. Jumlah bandwidth yang dibutuhkan dapat dikontrol melalui penempatan priorittas pada trasmisi packet. Tiga jenis queuing option yang pupular meliputi:
1. Priority queuing-memberikan pengiriman protokol atau paket tertentu yang terjamin dan tepat waktu. Pengiriman tersebut dapat di set dengan prioritas high, medium, normal dan low. Ketika router sedang memproses paket prioritas medium, ketika ada paket dengan prioritas high masuk, maka router akan menghentikan prosesnya dan melayani paket dengan prioritas lebih tinggi. Priority queuing digunakan untuk menjamin lalulintas yang bersifat mission-critical traffic dapat lewat.
2. Custom queuing-memberikan bandwidth yang proporsional dengan cara memberikan satu dari 16 kemungkinan antrian pada tipe protokol. Dengan custom queuing, prosentase bandwidth pada suatu interface dapat dikontrol dengan cara mengkonfigurasi berapa banyak byte yang dikirim pada satu waktu. Setiap antiran diproses bergiliran. Custom queuing digunakan ketika kita menginginkan semua protokol bisa mendapat bagian dari bandwidth yang tersedia.
3. Weighted Fair Queuing-memberikan alokasi bandwith yang fair kepada semua traffic di jaringan secara otomatis. Fair queuing memberikan manajemen prioritas traffic yang secara dinamik. Low-volume traffic, seperti Telnet session, akan diberikan prioritas diatas high-volume traffic, seperti FTP sessions.

Management
Manajemen ditinjau dari pengguna, meliputi instalasi dan konfigurasi, performance dan security. Sedangkan dari penyedia jasa, meliputi accounting, kegagalan dan performance. Manajemen jaringan VPN dapat berbagai macam jenisnya, dari yang simpel sampai yang kompleks tergantung daripada ukuran dan keragaman suatu jaringan. Lebih kompleks suatu jaringan akan membutuhkan solusi manajemen yang lebih kompleks pula. Teknologi manajemen secara garis besar dapat dibagi menjadi beberapa klasifikasi seperti di bawah ini:
 Configuration management
 Tool untuk konfigurasi device LAN dan WAN
 Performance management
 Tool untuk memonitor performance dari suatu jaringan
 Fault management
 Tool untuk mendapat pemecahan secara cepat untuk problem di jaringan
 Security management
 Tool untuk enkripsi, autentikasi dan identifikasi
 Accounting management
 Tool yang dapat digunakan in-house atau oleh service provider untuk billing dan accounting

Reliability
Jaringan komputer telah menjadi bagian yang fundamental bagi operasional suatu bisnis. Sehingga dibutuhkan biaya yang tinggi jika jaringan tidak bisa memberikan dukungan yang tepat pada aplikasi yang bersifat mission-critical. Karena VPN memberikan layanan komunikasi pada bisnis yang bersifat kritis, maka VPN harus benar-benar mempunyai kehandalan yang tinggi. Kehandalan tersebut dapat berdasar pada:
 Desain network yang tepat
 Scalable routing protocol untuk mendukung jaringan yang besar
 Mekanisme recovery secara otomatis
 Kemampuan hot standby atau backup
 Redundancy pada software routing untuk memberikan jalur cadangan jika terjadi kegagalan pada komponen atau link yang tersedia.

VRAM (Video RAM)
Tipe spesial dari DRAM yang memungkinkan akses direct high speed memory melalui sirkuit video. Jenis memori ini lebih mahal bila dibandingkan chips DRAM yang konvensional.

Vxd (Virtual Extended Driver)
Sebuah format file dari Microsoft yang merupakan sebuah program. Program ini berfungsi untuk mengoperasikan device-device tertentu pada Windows.

W

WAIS (Wide Area Information Servers)
Sistem yang membolehkan untuk melacak dokumen yang memuat informasi yang sedang dicari.

WAN (Wide Area Network)
WAP (Wireless Application Protocol)
Merupakan standar protokol untuk aplikasi wireless (seperti yang digunakan handphone). WAP merupakan hasil kerjasama antara industri untuk membuat sebuah standar yang terbuka (open standard). WAP berbasis pada standar Internet, dan beberapa protokol yang sudah dioptimasi untuk lingkungan wireless, seperti kebutuhan kompresi data, long latency dan keterbatasan bandwith, serta keterbatasan perangkat wireless. Disain dari informasi yang dikirimkan melalui WAP biasanya menggunakan format WML (Wireless Markup Language). WML ini mirip HTML, hanya lebih spesifik untuk perangkat wireless yang memiliki keterbatasan seperti di atas.

Warez
Sebutan bagi pembajak software di Internet.

Warm Boot
Me-restart komputer dengan menekan Ctrl+Alt+Del atau melakukan shutdown dan restart. Booting panas ini dapat dideteksi dan dimanipulasi oleh virus, sehingga virus yang tinggal dalam memori tetap berada di memori

WBMP (Wireless Bitmap)
Format grafik yang terdapat dalam WAP. WBMP merupakan format yang mirip dengan format BMP. Gambar dengan standar format WBMP terbagi dalam dua bagian, yaitu :
 Bagian header, tempat untuk informasi karakteristik dari gambar, seperti tinggi, lebar dan type gambar.
 Bagian isi yang disebut Type dependent, merupakan bagian dari informasi gambar.
 Standar format WBMP ini dibuat dengan susunan yang dapat diperluas kegunaannya. Bagian isi atau Type dapat berubah menjadi format-format baru yang dapat diakses. Walaupun WBMP akan memperlambat transfer data karena ukurannya yang tidak kecil, tetapi menggunakan gambar dapat memberikan informasi yang lebih banyak pada layar berukuran kecil seperti pada handhone.

White Hat
Hacker yang lebih memanfaatkan pengetahuan mereka untuk memuaskan rasa ingin tahu bagi intelektualitas ketimbang untuk perbuatan jahat yang merusak. Hacker seperti ini sangat anti dengan perusakan sebuah system, pencurian data maupun merusak kinerja sebuah situs.

Whois
Perintah pada beberapa sistem yang menjelaskan nama seseorang yang sesungguhnya, yang didasarkan pada nama pemakai orang itu. Whois dapat dipakai melalui World Wide Web.

WinSock
Kependekan dari Windows Sockets yaitu suatu cara standar bagi program-program Windows untuk bekerja dengan TCP/IP. Dipakai bila dihubungkan dengan PC Windows secara

Worm
Program yang dapat mereplikasi dirinya dengan menggunakan media komputer. Sifatnya dekstruktif terhadap disk dan memori juga menyebabkan kerusakan pada sistem dan memperlambat kinerja komputer dalam mengaplikasi sebuah program. Disebut juga virus.

Workstation
Single-user komputer berdaya penuh yang kebanyakan berjalan di bawah sistem operasi UNIX. Workstation ditujukan bagi high-end graphics dan aplikasi desain tambahan . Umum disebut juga sebagai graphics workstation. Saat ini, workstation dipakai untuk menyebut komputer yang terhubung ke suatu jaringan. langsung ke Internet, entah dengan suatu hubungan permanen ataupun dengan sebuah modem memakai SLIP atau PPP.

Wireless LAN (Wireless Local Area Network)
Teknologi komunikasi data dengan tidak menggunakan kabel untuk menghubungkan antara klien dan server. Secara umum teknologi Wireless LAN hampir sama dengan teknologi jaringan komputer yang menggunakan kabel (Wire LAN atau Local Area Network). Teknologi Wireless LAN ada yang menggunakan frekuensi radio untuk mengirim dan menerima data yang tentunya mengurangi kebutuhan atau ketergantungan hubungan melalui kabel. Akibatnya pengguna mempunyai mobilitas atau fleksibilitas yang tinggi dan tidak tergantung pada suatu tempat atau lokasi. Teknologi Wireless LAN juga memungkinkan untuk membentuk jaringan komputer yang mungkin tidak dapat dijangkau oleh jaringan komputer yang menggunakan kabel.

Wizard
Sebuah fungsi pada software termasuk office yang memungkinkan untuk merancang sebuah dokumen secara mudah, langkah demi langkah.

WinWAIS
Program berbasis Windows yang memungkinkan memakai WAIS untuk melacak informasi tentang Internet.

Web Hosting
Penyediaan ruang untuk menyimpan halaman web oleh pemilik komputer/server, yang dapat diakses 24 jam via Internet.

Web Server
Perangkat keras dan perangkat lunak yang dipakai untuk menyimpan dan mengirim dokumen HTML untuk digunakan dalam World Wide Web.

Web Site
Suatu koleksi dokumen HTML pribadi atau perusahaan dalam server Web. Sebuah server Web dapat berisi lebih dari satu situs.

Webcam
Kamera video yang didesain untuk berhubungan dengan PC. Kamera bisa digunakan untuk merekam klip video yang bisa dikirim lewat e-mail atau untuk mentransmisikan gambar secara langsung di Internet untuk keperluan video conferencing.

Whois
Program Internet gratis yang dipakai untuk menyediakan atau menyusun sebuah database dari domain seseorang dan Internet artities yang lain.

Write-behind caching
Teknik caching yang digunakan oleh sejumlah disk caches. Data yang menanti untuk dimasukkan ke dalam disimpan sementara dalam RAM dan akan ditulis ke dalam disk pada saat kondisi CPU idle. Jika komputer dimatikan saat masih terjadi transfer data, maka data akan hilang. Windows 9x disk cache, yang disebut VCACHE, menggunakan write-behind caching (disebut juga sebagai write caching). Write-back caching hampir serupa dengan write-behind caching, tetapi digunakan untuk caches internal dan external memory.

WSP/WISP
Internet Access Provider atau Internet Service Provider yang berusaha memberikan layanan sambungan nirkabel broadband dan sambungan untuk station bergerak kepada perusahaan pengguna.

WWW (World Wide Web)
Servis Internet yang dapat me-link dengan dokumen multimedia bersama dengan HyperText. Pemakai dapat melompat antara dokumen dengan menggunakan link untuk melihat text, grafik, video dan media lainnya.

W3C (World Wide Web Consortium)
Standar dari berbagai macam penyedia jasa untuk pembangunan dari teknologi yang berhubungan dengan Web, seperti HTML.

X

X2
Teknologi yang digunakan oleh perusahaan USRobotics untuk mengimplementasi modem 56 k.

X.25
Sebuah protokol yang menentukan pertukaran paket. X.25 merupakan standar CCITT yang mendefinisikan protokol komunikasi untuk mengakses jaringan packet switched. Protokol ini tidak begitu penting, karena melalui X.25 terlihat bahwa TCP/IP jauh lebih baik.

X.75
Cara menyambung bersama-sama jaringan X.25.

Xabre
Chipset grafis dari SiS yang mendukung penuh AGP 8x dan DirectX. Chip ini merupakan chip grafis pertama yang mendukung kedua fitur tersebut.

XML (Extensible Markup Language)
XML termasuk dalam keluarga Markup Language seperti halnya HTML atau WML. Namun dengan XML, kita bisa mendefinisikan custom tag sendiri. Misalnya :

… ..

Pada XML, untuk menjelaskan apakah sebuah tag itu valid atau tidak, kita bisa menggunakan DTD (Document Type Definition). DTD juga menjelaskan struktur dari dokumen XML. Kemudian untuk menjelaskan arti-arti dari tag yang dibuat, dapat digunakan stylesheet, yaitu XSL (Extensible Stylesheet Language). XSL terdiri dari tiga bagian dan tiap bagian ada rekomendasinya sendiri-sendiri dari W3C, yaitu :
Xpath (XML Path Language), bahasa untuk menunjukkan sebuah bagian dari dokumen XML.
XSLT (XSL Transformation), bahasa untuk mentransformasikan sebuah dokumen XML ke dokumen lain.
XSL, yaitu XSLT ditambah dengan kumpulan penjelasan mengenai formatting objects dan formatting properties.

XMMS (X Multimedia System)
Sebuah player untuk format MP3, WAV, MOD, dan format lainnya yang bisa digunakan pada sistem operasi Linux.

X Terminal
Sebuah terminal yang memakai antar muka pemakai grafis X. Antarmuka ini membolehkan kita untuk membuka banyak sekali jendela di layar dan melaksanakan semua jenis pekerjaan dalam waktu yang bersamaan. X terminal popular di dunia UNIX.

Z

Z-Buffer
Area dari memori grafis yang digunakan untuk menyimpan Z atau kedalaman informasi atau objek yang digambar. Nilai Z-buffer sebuah pixel digunakan untuk menentukan apakah ia terletak di belakang atau di depan pixel lainnya. Kalkulasi Z mencegah objek pada background menimpa objek yang berada di depannya dalam frame buffer.

Zip
ZIP merupakan format kompresi yang umum digunakan di dunia MS-DOS dan Windows. Beberapa berkas dapat digabungkan menjadi satu dan dikecilkan ukurannya dalam satu berkas ZIP (zip file). Ada beberapa program untuk memanipulasi berkas ZIP ini, antara lain:
 PKZIP dan PKUNZIP (shareware untuk MS-DOS)
 WinZip (untuk Windows 95)
 Zip dan unzip (gratis untuk UNIX)

ZIP socket (Zero Insertion Force socket)
Sebuah tipe socket yang didesain agar mudah dimasuki chip PGA.

Kembali ke: Kamus Istilah Komputer dan Informatika (1)

Alhamdulillah, akhirnya selesai juga…semoga bermanfaat…^_^…
_______________________________
Lisensi Dokumen:
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com

Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com