Kelompok etnis mayoritas di Asia Tengah

Sebagaimana telah diuraikan pada Artikel sebelumnya tentang: SELAYANG PANDANG: Negara-negara Merdeka bekas pecahan Uni Soviet, dari 15 Negara merdeka bekas pecahan Uni soviet, terdapat 6 (enam) Negara merdeka yang mayoritas penduduknya beragama Islam (Mayoritas muslim) yaitu: Azerbaijan, Turkmenistan, Uzbekistan, Tajikistan, Kyrgyzstan dan Kazakhstan.

Berikut ini akan saya uraikan tentang Profile Singkat ” Negara-negara Islam (Muslim) ” bekas pecahan Uni soviet tersebut, semoga bermanfaat:

1. AZERBAIJAN


Peta lokasi Azerbaijan

1.1 Profile Singkat

Nama resmi : Republik Azerbaijan ( Azərbaycan Respublik )

Lagu kebangsaan : Azərbaycan Respublikasının Dövlət Himni

Bendera :

Lambang :

Ibu kota (dan kota terbesar) : Baku

Bahasa resmi : Azeri

Kelompok etnik : (1999)
90.6% : Azerbaijani
2.2% : Lezgins
1.8% : Russia
1.5% : Armenia
1.0% : Talysh
0.6% : Turki
0.2% : Georgia
2.3% : lainnya


Kelompok etnis di Azerbaijan dan kawasan kaukasus

Pemerintahan : Demokrasi representatif
– Presiden : İlham Əliyev
– Perdana Menteri : Artur Rasizadə

Kemerdekaan : 30 Agustus 1991 (Dari Uni Soviet)

Luas wilayah :
– Total : 86,600 km2
– Air (%) : dapat dihiraukan

Penduduk :
– Perkiraan 2007 : 8,120,247 jiwa
– Kepadatan :103/km2

Agama mayoritas : Islam-syiah ( 7,795,437 jiwa [96%], Islam-sunni [3%], non-islam [1%])

PDB (KKB) : Perkiraan 2004
– Total : US$37,84 miliar
– Per kapita : US$4.500

Mata uang : Manat (AZM)

Zona waktu : (UTC+4)
– Musim panas (DST) : (UTC+5)

Ranah Internet : .az

Kode telepon : 994

1.2 Sejarah Singkat


Peta administrasi Azerbaijan

Sejarah awal penduduk daerah yang kini dikenal sebagai Azerbaijan ialah bangsa Albania Kaukasia, bangsa penutur bahasa-bahasa Kaukasus yang muncul di daerah ini sebelum rombongan besar orang yang akhirnya menyerang Kaukasus. Secara historis Azerbaijan telah dilindungi berbagai bangsa, termasuk bangsa Persia, Yunani, Romawi, Armenia, Arab, Turki, Mongol dan Rusia.

Kerajaan pertama yang muncul di Republik Azerbaijan masa kini ialah Mannae pada abad ke-9 M, berlangsung hingga 616 SM saat menjadi bagian Kekaisaran Media, yang kemudian menjadi bagian Kekaisaran Persia pada 549 M. Satrapi Atropatene dan Albania Kaukasia didirikan pada abad ke-4 SM dan termasuk kurang lebih wilayah negara kebangsaan Azerbaijan dan bagian selatan Dagestan masa kini.


Pemuda Azerbaijan, dengan pakaian tradisional, merayakan Novruz

Islam tersebar cepat di Azerbaijan menyusul futuhat pada abad ke-7–8. Setelah kekuasaan Kekhalifahan Arab menyusut, beberapa negara semimerdeka telah terbentuk, kesultanan Shirvanshah menjadi salah satu darinya. Pada abad ke-11, Turki Seljuk yang menaklukkan menjadi kekuatan dominan di Azerbaijan dan meletakkan dasar etnis Azerbaijani masa kini. Pada abad ke-13-14, negeri ini diserang bangsa Mongol-Tatar.

Azerbaijan ialah bagian Kesultanan Persia Safavid selama abad ke-15–18. Juga mengalami masa singkat perpecahan bangsawan pada pertengahan abad ke-18 hingga awal abad ke-19, dan terdiri atas kekhanan-kekhanan yang merdeka. Menyusul 2 perang antara Kesultanan Persia Qajar, seperti Ganja, Guba, Baku dan kekhanan-kekhanan merdeka lainnya, dan Kekaisaran Rusia, Azerbaijan direbut Rusia melalui Perjanjian Gulistan pada 1813, dan Perjanjian Turkmenchay pada 1828, dan beberapa perjanjian yang lebih awal antara tsar Rusia dan para khan berakhir pada dasawarsa pertama abad ke-19. Pada 1873, minyak (“emas hitam”) ditemukan di kota Baku, ibukota Azerbaijan nantinya. Dari awal abad ke-20 hampir separuh cadangan minyak dunia disuling di Baku.

Setelah jatuhnya Kekaisaran Rusia selama PD I, Azerbaijan bersama Armenia dan Georgia menjadi bagian Republik Federasi Demokrasi Transkaukasia yang berumur pendek. Saat republik itu bubar pada Mei 1918, Azerbaijan menyatakan kemerdekaan sebagai Republik Demokrasi Azerbaijan. RDA ialah negara republik berpenduduk mayoritas Muslim pertama di dunia dan hanya berlangsung 2 tahun, dari 1918 hingga 1920, sebelum Tentara Merah menyerang Azerbaijan. Pada Maret 1922, Azerbaijan, bersama dengan Armenia dan Georgia, menjadi bagian RSFS Transkaukasia dalam Uni Soviet yang baru terbentuk. Pada 1936, RSFST bubar dan Azerbaijan menjadi republik bagian Uni Soviet sebagai RSS Azerbaijan.

Selama PD II, Jerman Nazi menyerang Uni Soviet. Tujuan utama serangan Operasi Edelweiss Adolf Hitler ialah mencaplok ibukota kaya minyak Azerbaijan, Baku. Karena alasan perang, pekerja minyak Soviet diwajibkan bekerja tanpa henti dan warganegaranya menggali parit dan rintangan antitank untuk menghalau kemungkinan serangan musuh. Namun, Operasi Edelweiss gagal. Pasukan Jerman pertama kali gagal di pegunungan Kaukasus, mereka kalah telak dalam Pertempuran Stalingrad.

Pada 1990, orang Azeri berkumpul untuk memprotes kekuasaan Soviet dan menuntut kemerdekaan. Secara brutal demonstrasi itu ditindas oleh campur tangan Soviet dalam peristiwa yang kini disebut orang Azeri sebagai Januari Hitam. Namun pada 30 Agustus 1991, Azerbaijan memproklamasikan kemerdekaannya saat jatuhnya Uni Soviet. Sayangnya, tahun-tahun awal kemerdekaannya teralihkan dengan perang terhadap Armenia dan gerakan separatis Armenia atas kawasan Nagorno-Karabakh. Meski ada gencatan senjata di tempat sejak 1994, Azerbaijan belum memecahkan konflik dengan Armenia atas wilayah yang dominannya orang Armenia. Sejak akhir perang, Azerbaijan kehilangan kendali 14 – 16% wilayahnya termasuk Nagorno-Karabakh sendiri. Sebagai akibat konflik, kedua negara menghadapi masalah pengungsi dan orang terlantar seperti kesulitan ekonomi.

Namun, mantan pemimpin Azeri Soviet Heydər Əliyev mengubah pola ini di Azerbaijan dan mulai mengeksploitasi cadangan minyaknya yang kaya di Baku, sesuatu yang membuat Azerbaijan terkenal. Heyder Eliyev juga membersihkan perjudian dan bisa menekan tingkat pengangguran di negara itu. Ia juga mencari hubungan lebih dekat dengan Turki saat secara serentak membuat usaha memecahkan konflik Karabakh secara damai dengan Armenia. Namun, keadaan politik di Azerbaijan tetap tegang khususnya setelah Heydar Aliyev, saat kematiannya, memilih putranya Ilham menyandang jabatan presiden. Kekuatan oposisi Azeri tak puas dengan pergantian dinasti ini dan menuntut pemerintahan demokratis.

2. TURKMENISTAN


Peta lokasi Turkmenistan

2.1 Profile Singkat

Nama resmi : Republik Turkmenistan (Türkmenistan Respublikasy)

Bendera :

Lambang :

Lagu kebangsaan : Garaşsyz, Baky Bitarap,Türkmenistanyň döwlet gimni

Ibu kota (dan kota terbesar) : Ashgabat

Bahasa resmi : Turkmen

Bahasa untuk percakapan antarsuku : Rusia

Pemerintahan : Republik (de jure)
– Presiden : G. Berdimuhammedow

Kemerdekaan : 27 Oktober 1991 (Dari Uni Soviet)

Luas wilayah :
– Total : 488,100 km2
– Air (%) : dapat dihiraukan

Penduduk :
– Perkiraan 2007 : 5,097,028 jiwa
– Kepadatan :10/km2

Agama mayoritas : Islam Sunni ( 4,536,355 jiwa [89%])

PDB (KKB) : Perkiraan 2005
– Total : US$35,93 miliar
– Per kapita : US$7.266

Mata uang : Manat (TMM)

Zona waktu : (UTC+5)
– Musim panas (DST) : (UTC+5)

Ranah Internet : .tm

Kode telepon : 993

2.2 Sejarah Singkat


Peta administrasi Turkmenistan

Wilayah Turkmenistan telah lama dikenal banyak orang dalam sejarah. Banyak pasukan dari berbagai kerajaan yang dikirim ke wilayah ini, demi mendapatkan wilayah yang lebih makmur. Wilayah ini sudah lama dikenal terutama oleh berbagai kekaisaran Persia. Sejarah wilayah ini dimulai saat Kaisar Akhemeniyah (Kekaisaran kuno pertama Persia) menaklukan wilayah ini dan membaginya dalam tiga wilayah, Margiana, Khwarezmia, Parthia.

Aleksander Agung menaklukan wilayah ini pada abad ke-IV SM pada perjalanannya menuju Asia Tengah, dan pada saat itu pula Jalur Sutra dibangun sebagai jalur perdagangan utama yang menghubungkan Asia dan Cekungan Mediterania. Beberapa abad kemudian, berdiri Kekaisaran Parthia Persia dan membangun ibukotanya di Nisa (Situs Warisan Dunia UNESCO di Turkmenistan), yang saat ini berada sekitar 18 km ke arah barat daya Ashgabat. Setelah kejatuhan kekaisaran Parthia, wilayah ini kerap kali diduduki oleh berbagai kekaisaran Iran untuk beberapa abad.
Magtymguly Pyragy


Istana Presiden di Ashgabat

Pada abad ke-VII SM, bangsa Arab menaklukan wilayah ini dan sekaligus memperkenalkan Islam dan juga budaya Timur Tengah. Turkmenistan mulai dikenal luas ketika khalifah Ma’mun Ar-Rasyid dari dinasti Bani Abbasiyah memindahkan ibukota kerajaan Khorasan Raya ke Merw (Situs Warisan Dunia UNESCO di Turkmenistan).

Pada pertengahan abad ke-XI Kekaisaran Turki Seljuk memusatkan kekuasaan wilayahnya di Turkmenistan dalam upaya untuk meluaskan wilayah kekaisarannya hingga Khorasan. Pada pertengahan abad ke-XII, kekuasaan Kekaisaran Turki Seljuk pun jatuh yang dikalahkan oleh Genghis Khan yang pada saat itu berhasil merebut kekuasaan di wilayah timur Laut Kaspia dalam rangka pengembaraannya ke barat.

Tujuh abad kemudian, bangsa Turkmen hidup dibawah kekuasaan berbagai kekaisaran dan perang antarsuku. Sekitar abad ke-XVII dan ke-XIX Masehi, kekuasaan di Turkmenistan diperebutkan oleh Kekaisaran Persia, Kekahanan Khiva, para Emir dari Bukhara, dan penguasa Afganistan. Selama masa ini, pemimpin spiritual Turkmen, Magtymguly Pyragy terkenal karena upaya untuk menjaga kebebasan dan otonomi bagi rakyatnya.


Masjid Ärtogrul Gazy di Ashgabat, nama dari nama ayah Osman Ghazi, pendiri Kekaisaran Ottoman

Pada saat itu, wilayah yang luas di Asia Tengah, termasuk Turkmenistan belum dipetakan dan hampir tidak dikenal secara luas oleh bangsa Eropa dan Dunia Barat. Persaingan untuk menguasai wilayah tersebut antara Kekaisaran Inggris dan Kekaisaran Tsar Rusia ditandai dengan Permainan Besar. Sepanjang penaklukan mereka di Asia Tengah, Rusia disambut dengan perlawanan yang paling berat oleh Turkmenistan. Bagaimanapun juga, pada tahun 1894 Rusia telah dapat menancapkan pengaruhnya di Turkmenistan dan memasukkan wilayah itu ke dalam wilayah kekaisarannya.

Berdasarkan Perjanjian Anglo-Rusia 1907, perang antara Kekaisaran Rusia dengan Kekaisaran Inggris di Asia Tengah pun usai. Sejak saat itu, Turkmenistan berada penuh dalam kekuasan Kekaisaran Tsar Rusia. Berbagai pengaruh dari budaya Rusia, termasuk bahasa pun mulai diperkenalkan kepada bangsa Turkmen. Revolusi Oktober 1917 yang terjadi di Rusia dan ketidakseimbangan politik menyebabkan keinginan bangsa Turkmen mendeklarasikan Republik Sosialis Soviet Turkmenistan, salah satu dari enam republik di Uni Soviet.
Seorang Turkmen berbusana tradisional, sekitar 1905–1915.

Perubahan besar terjadi dalam kehidupan bangsa Turkmen. Bangsa Turkmen pun didorong untuk sekular dan mengadaptasi cara berpakain bangsa Eropa. Aksara yang digunakan dalam bahasa Turkmen pun diganti dari aksara Arab kuno ke Latin dan pada akhirnya menggunakan Aksara Sirilik.

Namun, membawa bangsa Turkmen untuk meninggalkan cara-cara tradisional mereka untuk mendukung komunisme tidak sepenuhnya berhasil hingga akhir tahun 1948. Kebijakan nasional Uni Soviet, antara tahun 1920 hingga 1930, sebenarnya mempromosikan “Penemuan Tradisi Bangsa Turkmen”. Bangsa Turkmen mendapat perlakuan yang lebih dalam administrasi Soviet dan sistem pendidikan. Selama tahun Stalin memerintah, beliau mengizinkan bahasa Turkmen sebagai bahasa resmi di Republik Sosialis Soviet Turkmenistan.

Ketika Uni Soviet mulai runtuh, Turkmenistan dan republik Asia Tengah lainnya cemas akan keadaan negara, karena mereka membutuhkan kekuatan ekonomi dan pasar umum dari Uni Soviet untuk bisa mencapai kemakmuran. Namun demikian, Turkmenistan mengumandangkan kemerdekaannya pada tanggal 27 Oktober 1991, dan merupakan republik terakhir Soviet yang memisahkan diri.

Pada tahun 1991, Turkmenistan bergabung dalam Persemakmuran Negara-Negara Merdeka, sebuah organisasi internasional yang anggotanya terdiri dari negara-negara pecahan Uni Soviet. Namun, Turkmenistan mngurangi status keanggotaannya dalam organisasi tersebut menjadi “anggota asosiasi” pada Agusus 2004. Pernyataan yang disampaikan oleh Presiden Turkmenistan bahwa kebijakan negara tersebut akan netral selamanya.

Pemimpin lama Republik Sosialis Soviet Turkmenistan, Saparmurat Niyazov menjadi presiden pertama Turkmenistan setelah keruntuhan Uni Soviet. Di bawah kepemimpinan beliau, hubungan antara bangsa Rusia dan Turkmen sangat dingin. Beliau menyebut dirinya sebagai seorang promotor Muslim tradisional dan budaya bangsa Turkmen, bahkan beliau menyebut dirinya sebagai Türkmenbaşy, yang berarti Pemimpin semua bangsa Turkmen. Perpanjangan kekuasaan beliau bertambah besar pada awal 1990an, dan pada tahun 1999, beliau menjadi Presiden seumur hidup.

Beliau meninggal dunia pada 21 Desember 2005 tanpa meninggalkan pewaris. Seorang mantan wakil perdana menteri dikabarkan adalah anak tidak sahnya beliau. Gurbanguly Berdymukhamedov dipilih untuk menggantikan beliau pada 11 Februari 2007 melalui pemilihan umum.

3. UZBEKISTAN


Peta lokasi uzbekistan

3.1 Profile Singkat

Nama resmi : Republik Uzbekistan (O‘zbekiston Respublikasi atau O‘zbekiston Jumhuriyati)

Bendera :

Lambang :

Lagu kebangsaan : O`zbekiston Respublikasining Davlat Madhiyasi

Ibu kota (dan kota terbesar) : Tashkent

Bahasa resmi : Uzbek

Pemerintahan : Republik
– Presiden : Islam Karimov
– Perdana Menteri : Shavkat Mirziyayev

Kemerdekaan :1 September 1991 (Dari Uni Soviet)

Luas wilayah :
– Total : 447,400 km2
– Air (%) : 4,9%

Penduduk :
– Perkiraan 2007 : 27,780,059 jiwa
– Kepadatan :60/km2

Agama mayoritas : Islam Sunni ( 24,446,452 jiwa [88%])

PDB (KKB) : Perkiraan 2005
– Total : AS$45,75 miliar
– Per kapita : AS$1.766

Mata uang : Som (UZS)

Zona waktu : (UTC+5)
– Musim panas (DST) (UTC+5)

Ranah Internet : .uz

Kode telepon : 998

3.2 Sejarah Singkat


Peta administrasi uzbekistan

Wilayah Uzbekistan telah dihuni sejak milennium kedua SM. Ada temuan-temuan perkakas purba manusia serta monumen-monumen di daerah Ferghana, Tashkent, Bukhara, Khorezm (Khwarezm, Khorasmia) dan Samarkand.

Alexander Agung menaklukkan Sogdiana dan Baktria pada 327 SM, menikahi Roxana, anak seorang ketua suku Baktria setempat. Namun, penaklukan ini rupanya tidak banyak menolong Alexander karena rakyat melawan dengan sengit, sehingga tentara Alexander akhirnya terpukul di wilayah ini.


Samarkand

Selama berabad-abad wilayah Uzbekistan diperintah oleh Kekaisaran Iran, seperti Kekaisaran Parthia dan Sassanian.

Pada abad ke-14 M., Timur, yang juga dikenal sebagai Timur Lenk, mengalahkan bangsa Mongol dan membangun sebuah imperium. Dalam peperangannya, Timur Lenk memperluas wilayahnya hingga ke Timur Tengah. Ia mengalahkan Sultan Ottoman Bayezid I. Bayezid ditangkap dan meninggal dalma penahanan. Timur Lenk berusaha membangun ibukota imperiumnya di Samarkand. Kini Timur Lenk dianggap sebagai salah satu pahlawan terbesar di Uzbekistan yang memainkan peranan penting dalam identitas dan sejarah nasionalnya. Setelah jatuhnya Imperium Timur Lenk, kaum nomaden Uzbek merebut wilayah ini.


Ibukota Tashkent

Pada abad ke-19, Kekaisaran Rusia mulai berekspansi dan menyebar ke Asia Tengah. Masa “Permainan Besar” pada umumnya dianggap berlangsung dari lebih kurang 1813 hingga Konvensi Inggris-Rusia 1907. Setelah Revolusi Bolshevik tahun 1917 tahap kedua yang tidak begitu intensif berlangsung. Pada awal abad ke-19, ada wilayah sekitar 3,200 km yang memisahkan India Britania dengan wilayah-wilayah di pinggiran Kekaisaran Rusia. Banyak dari daerah antara ini tidak terpetakan.

4. TAJIKISTAN


Peta lokasi Tajikistan

4.1 Profile Singkat

Nama resmi : Republik Tajikistan (Jumhurii Tojikiston)

Bendera :

Lambang :

Lagu kebangsaan: Surudi milli

Ibu kota (dan kota terbesar) : Dushanbe

Bahasa resmi : Tajik

Pemerintahan : Republik
– Presiden : Emomali Rahmonov
– Perdana Menteri : Oqil Oqilov

Kemerdekaan : 9 September 1991 (Dari Uni Soviet)

Luas wilayah (km2):
– Total : 143,100 km2
– Air (%) : 0,3%

Penduduk :
– Perkiraan 2007 : 7,076,598 jiwa
– Kepadatan : 50/km2

Agama mayoritas : Islam Sunni ( 6,368,938 jiwa [90%])

PDB (KKB) : Perkiraan 2005
– Total : AS$7,85 miliar
– Per kapita : AS$1.246

Mata uang : Somoni (TJS)

Zona waktu : (UTC+5)
– Musim panas (DST) : (UTC+5)

Ranah Internet : .tj

Kode telepon : 992

4.2 Sejarah Singkat

Peta administrasi Tajikistan

Republik Tajikistan adalah sebuah negara sempalan Uni Soviet di Asia Tengah yang berbatasan dengan Afganistan, Republik Rakyat Cina, Kirgizstan, dan Uzbekistan. kondisi geografisnya merupakan dataran tinggi yang tidak berbatasan dengan laut.


Pegunungan Fan di Tajikistan

5. KYRGYZSTAN


Peta lokasi Kyrgyzstan

5.1 Profile Singkat

Nama resmi : Republik Kyrgyzstan (Kyrgyz Respublikasy atau Kyrgyzskaya respublika)

Bendera :

Lambang :

Lagu kebangsaan : Lagu Kebangsaan Kirgizstan

Ibu kota (dan kota terbesar) : Bishkek

Bahasa resmi : Kirgiz, Rusia

Pemerintahan : Republik
– Pejabat Presiden : Roza Otunbayeva

Kemerdekaan : 31 Agustus 1991 (Dari Uni Soviet)

Luas wilayah (km2) :
– Total : 198,500 km2
– Air (%) : 3,6%

Penduduk :
– Perkiraan 2007 : 5,284,149 jiwa
– Kepadatan : 25/km2

Agama mayoritas : Islam Sunni ( 4,227,319 jiwa [80%])

PDB (KKB) : Perkiraan 2005
– Total : US$9,87 miliar
– Per kapita : US$1.934

Mata uang : Som (KGS)

Zona waktu : (UTC+6)
– Musim panas (DST) : tidak ada (UTC+6)

Ranah Internet : .kg

Kode telepon : 996

5.2 Sejarah Singkat


Peta administrasi Kyrgyzstan

Kirgizstan (Bahasa Kirgiz: Кыргызстан) yang dulu, sebelum berpisah dari Uni Soviet dikenal sebagai Kirgisia adalah sebuah negara yang terletak di Asia Tengah. Berbatasan dengan Republik Rakyat Cina, Kazakhstan, Tajikistan, dan Uzbekistan. Ibu kotanya berada di Bishkek (dulunya Frunze).


Ibukota Bishkek

Kirgizstan dianeksasi oleh Kekaisaran Rusia pada 1864; negara ini memperoleh kemerdekaannya pada 1991. Di bawah Uni Soviet, Kirgizstan menjadi Republik Sosialis Soviet pada 1937 dengan nama lengkap Republik Sosialis Soviet Kirgizia (atau RSS Kirgizia).

Pada tahun 2005, terjadi kerusuhan di Kirgizstan yang berujung pada jatuhnya presiden Askar Akayevich Akayev.


American University Of Central Asia

6. KAZAKHSTAN


Peta lokasi Kazakhstan

6.1 Profile Singkat

Nama resmi : Republic of Kazakhstan (Qazaqstan Respwblïkası)

Bendera :

Lambang :

Lagu kebangsaan : “Kazakhstan-ku” atau Менің Қазақстаным (Kazakh)

Ibu kota : Astana

Kota terbesar : Almaty

Bahasa resmi : Kazakh (bahasa resmi dan bahasa mayoritas), Rusia (bahasa resmi kedua)

Kelompok etnik : (sensus 2009?)
67% : Kazakh
18% : Rusia
2.7% : Ukraina
2.6% : Uzbek
1.5% : Uyghur
1.4% : Tatar
1.3% : Jerman
5.5% : lainnya

Demonim : Kazakh atau Kazakhstani

Pemerintahan : Republik
– Presiden : Nursultan Nazarbayev
– Perdana Menteri : Karim Massimov

Kemerdekaan : dari Uni Soviet
– Kazakh Khanate : 1465
– Daerah Otonomi Alash : 13 Desember 1917
– Republik Sosialis Soviet Kazakh : 5 Desember 1936
– Dideklarasikan : 16 Desember 1991
– Disempurnakan : 25 Desember 1991

Luas wilayah (km2) :
– Total : 2,724,900 km2
– Air (%) : 1,7%

Penduduk :
– Perkiraan 2007 : 15,284,929 jiwa
– Kepadatan 6/km2 (226)

Agama mayoritas : Islam Sunni ( 7,183,917 jiwa [47%])

PDB (KKB) : Perkiraan 2008
– Total : US$177,835 miliar
– Per kapita : US$11.434

PDB (nominal) : Perkiraan 2008
– Total : US$135,601 miliar
– Per kapita : US$8.719

Mata uang : Tenge (Tenge symbol.svg) (KZT)

Zona waktu : Barat/Timur (UTC+5/+6)

Lajur kemudi : Kanan

Ranah Internet : .kz

Kode telepon : +7-6xx, +7-7xx

6.2 Sejarah Singkat


Peta administrasi Kazakhstan

Republik Kazakhstan adalah negara pecahan Uni Soviet yang terbesar kedua setelah Rusia. Di negara ini banyak terdapat etnis Rusia. Tempat peluncuran roket luar angkasa Rusia, Baikonur, juga terletak di Kazakhstan. Kazakhstan berbatasan dengan Rusia, Republik Rakyat Cina, Kirgizstan, Uzbekistan, Turkmenistan, dan Laut Kaspia.


Menara Bayterek di Astana, ibukota Kazakhstan

Kazakstan memproklamasikan kemerdekaannya pada 16 Desember 1991. Bangsa Kazakh adalah etnik terbesar yang menempati wilayah Kazakstan dan merupakan keturunan dari kabilah Turki dan Mongol. Pada awal abad XVIII, Kazakstan dikuasai Rusia. Pada abad XIX, bersama kawasan di Asia Tengah, penduduk Kazakstan mengenal dan menganut agama Islam. Ketika revolusi komunis menang di Rusia dan Uni Soviet berdiri, sejak tahun 1920, Kazakstan dijadikan salah satu dari 15 negara yang tergabung dalam Uni Soviet. Seiring dengan bubarnya Uni Soviet, Kazakstan pun memerdekakan diri dan menjadi negara berbentuk Republik. Negara ini memiliki keuntungan secara geografis karena terletak di antara Asia Tengah dan Eropa Timur, sehingga secara geopolitik layak diperhitungkan.


Kosmodrom Baikonur adalah fasilitas peluncuran satelit dan pesawat ulang-alik tertua dan terbesar di dunia

sumber:
wikipedia.org
bbc.co.uk
lib.utexas.edu/maps