JAKARTA — Untuk mengukuhkan diri sebagai pusat halal dunia, Indonesia berencana menggelar pameran produk halal internasional bertajuk Indonesia Halal Expo (INDHEX) 2011 pada 24 hingga 26 Juni mendatang. Kegiatan ini merupakan program utama dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Direktur LPPOM MUI Lukmanul Hakim mengatakan, pameran ini dimaksudkan juga untuk memperkuat daya saing produk nasional, khususnya UKM dalam menghadapi pasar bebas.

“Sebagai negara dengan jumlah penduduk yang sangat besar, Indonesia merupakan konsumen pontensial bagi aneka produk. Ini merupakan peluang bagi para perusahaan dalam negeri untuk menjadi tuan di negeri sendiri, antara lain dengan menggencarkan sosialisasi produk halal melalui INDHEX 2011,” kata Lukmanul jumpa pers di Kantor MUI, Jakarta, Senin (23/5).

Kegiatan yang bakal digelar di Gedung Smesco, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan tersebut akan diikuti oleh ratusan produsen halal dalam dan luar negeri. Kegiatan ini juga untuk mendorong terbitnya RUU Jaminan Produk Halal (JPH).

“RUU JPH saat ini masih dalam pembahasan DPR RI. LPPOM MUI menyambut baik upaya itu mengingat Indonesia belum memiliki payung hukum komprehensif mengenai produk halal,” katanya.

INDHEX 2011 akan dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa dan ditutup oleh Menteri Negara Koperasi dan UKM, Syarif Hasan.

Selain pameran produk halal, acara ini juga akan dimeriahkan dengan seminar internasional, konsultasi, dan lomba.*

sumber: http://hidayatullah.com