LONDON –Tanda-tanda menjunjukkan bahwa jumlah orang kelaparan meningkat. Demikian dikatakan kepala eksekutif Oxfam, lembaga amal asal Inggris, Barbara Stocking saat meluncurkan kampanye “menanam”, sebagaimana dilansir Reuters (31/5).

Kampanye menanam digalakkan, karena menurut Oxfam, sebanyak 925 juta orang kelaparan setiap harinya di dunia. Harga-harga pangan bisa naik dua kali lipat dalam 20 tahun ke depan dan permintaan pangan tahun 2050 lebih tinggi 70% dari kebutuhan saat ini.

Oxfam memperkirakan harga makanan akan naik 70-90% pada 2030. Itu belum termasuk akibat yang ditimbulkan oleh perubahan cuaca, yang bisa juga menaikkan harga pangan dua kali lipat.

Dalam laporannya yang berjudul ‘Growing a Better Future: Food Justice in a Resource-Constrained World’, Oxfam menekankan perlunya gerakan menanam untuk menjaga ketersediaan suplai makanan yang cukup bagi kebutuhan manusia.

Menurut mereka, salah satu langkah penting untuk mengendalikan laju inflasi harga pangan adalah dengan membatasi spekulasi di bidang komoditi pertanian di pasar masa depan. Organisasi Inggris itu juga menentang penggunaan bahan pangan untuk bahan bakar biofuel.

sumber: http://hidayatullah.com