Gaza city – Ratusan ribu pendukung Harakat al-Muqawwamatul Islamiyyah (HAMAS) atau ‘Gerakan Pertahanan Islam’ berkumpul di Kota Gaza pada Rabu (14/12/2011) untuk merayakan ulang tahun (harlah) 24 gerakan itu.
Pendukung yang berkumpul di al-Katiba Square, di mana panggung didirikan, berbentuk seperti sebuah kapal membawa replika panjang 6-meter dan 16 meter yang dibuat sama persis seperti Masjid Al-Aqsa.

Bendera hijau Hamas yang berderet sepanjang jalan utama kota, di mana lalu lintas terhenti saat ribuan warga Gaza menuju festival.

Dalam laporan menandai ulang tahun, sayap milisi Hamas, Izzuddin al-Qassam mengatakan, 6.411 tentara Israel telah terluka dalam 1.117 kelompok operasi militer dan mengklaim telah menangkap 24 tentara Zionis-Israel.

Dalam sambutannya, Perdana Menteri Palestina Ismail Haniya mengatakan bahwa perlawanan bersenjata dan perjuangan adalah cara dan pilihan strategis untuk membebaskan tanah dan laut Palestina.

Haniya juga mengatakan bahwa gerakan Hamas yang dilahirkan dengan Intifada pertama, dan tinggal dengan intifada kedua, akan memimpin orang dan faksi-faksi dan perjuangan pembebasan bahkan darah taruhannya sampai kami membebaskan Palestina dari penjajahan dan kungkungan Zonis-Israel.

“Hamas lahir dari rahim rakyat Palestina dan acara ini adalah puncak dua puluh empat tahun dari proses perjalanan dan perjuangan panjang dengan pendukung baik pejuang Hamas laki-laki dan pejuang Hamas yang perempuan akan selalu bertekad dan berkomitmen untuk selalu cinta akan perjuangan dan semangat Hamas.”

Haniya juga percaya Hamas telah berjuang habis-habisan konfrontasi dalam peperangan yang dilancarkan oleh Zionis-Israel. Selain mempertahankan tanah Palestina Hamas juga sedang mengembangkan strategi mereka dari segi pendidikan dan dunia politik.

Acara harlah sangat meriah. Diperkirakan 350.000 jiwa warga Jalur Gaza datang mengikuti acara ini.

Sejak pagi hari lapangan hijau katiba Gaza City sudah dipenuhi oleh warga yang antusias untuk mengikuti acara tersebut, suara pekikan bergemuruh sesekali terdengar suara tembakan yang mebuat semangat para pengunjung semakin membara.

Pihak penyelengara acara ini juga mengundang para penyanyi nasyid kondang yang didtangkan dari Libanon dan dari Jodania untuk menghibur para pendukung Hamas yang berpusat di lapangan katiba Gaza City. Di akhir acara dengan penjagaan ketat, Ismail Haniya menyempatkan diri untuk berkeliling kota Gaza City. */Abdillah Onim, Mer-C Indonesia Cabang Jalur Gaza-Palestina

hidayatullah.com

Advertisements