Bendera Turki

Ankara – PM Erdogan akan melakukan perjalanan ke negara-negara lain di dunia dan menceritakan tentang genosida yang dilakukan oleh Perancis, dimana negara tersebut telah mencoba untuk melupakannya.

Hal itu disampaikan Perdana Menteri (PM) Recep Tayyip Erdogan kemarin dalam konferensi pers bersama dengan sejawat dari Ukraina, dikutip detikcom dari Hurriyet hari ini, Jumat (23/12/2011).

Pada kesempatan itu PM Erdogan mengecam pemuka Perancis yang mencoba untuk mendapatkan keuntungan elektorat menjelang pemilu presiden negara itu dengan RUU yang dinilainya Turcophobia dan secara umum Islamophobia.

Turki segera menjawab perkembangan di Prancis itu dengan memutuskan semua hubungan politik dan ekonomi serta membatalkan segala bentuk kerjasama militer antara kedua negara. Dubes Turki di Paris saat ini juga sudah ditarik pulang.

“Ini adalah tindakan pertama terhadap Prancis. Tindakan-tindakan baru dapat diagendakan dan dilaksanakan sesuai dengan kemajuan RUU di Perancis,” ujar Erdogan.

Menurut Erdogan, mulai sekarang Turki juga membatalkan semua kunjungan militer dan ekonomi bilateral dengan Prancis, termasuk kursus, seminar dan kegiatan pertukaran personel.

“Turki tidak akan bekerjasama dengan Prancis dalam proyek Uni Eropa. Selain itu Turki juga menghentikan semua konsultasi politik dan membatalkan kegiatan-kegiatan militer bilateral dan latihan militer bersama,” tegas Erdogan.

Lebih lanjut Turki juga membatalkan blanket permission (izin mencakup beberapa item atau periode, red) untuk jalan layang, lepas landas dan pendaratan penerbangan militer, serta kunjungan pelabuhan oleh kapal-kapal militer Prancis, namun izin untuk individu akan diterapkan.

Di samping itu Turki juga tidak akan berpartisipasi dalam pertemuan kemitraan bilateral ekonomi dan perdagangan pada tahun 2012.

Erdogan menyampaikan terimakasih kepada politisi Perancis yang bijaksana menolak RUU tersebut. “Kami berharap mereka tidak akan mengambil langkah yang tak dapat ditarik kembali,” tandas Erdogan.

http://www.detiknews.com

Advertisements