“It is possible to fail in many ways, while to succeed is possible in one way” (Aristoteles)

POHON besar mampu menahan terpaan angin bahkan terjangan badai karena pondasi akar dan batang yang kokoh. Belasan tahun diperlukan untuk menumbuhkan kekuatan cabang dan rantingnya menjadi lebat dan kekar. Bulan berganti bulan, hujan menguatkan jaringan kayunya. Tahun demi tahun berlalu, pohon-pohon besar disekelilingnya melindungi dari serangan hujan.

Tak ada hitungan malam untuk menciptakan sebongkah kayu yang tegar. Tak ada hitungan siang untuk menumbuhkan kekarnya cengkraman ranting – Semua butuh proses – Begitu pula dengan hasil kerja kita.

Janganlah pernah terkecoh dengan keberhasilan seseorang. Dibalik kejayaan pastilah menyimpan kerikil hingga batu karang yang menghadang. Buah keberhasilan adalah kristalisasi keringat dan kepayahan yang diwarnai perjuangan dan pengorbanan.

Jalan hidup merupakan pilihan seseorang. Jalan manakah yang hendak kita lalui? Apakah jalan panjang menuju keberhasilan dengan seribu langkah panjang yang disertai kencangnya badai berhembus? Ataukah memilih jalan yang pendek dengan resiko keberhasilan dalam masa singkat?

Hidup juga bagi saya sama dengan suatu perjalanan. Hidup yang biasa-biasa aja seperti berjalan diatas jalan yang lurus, sedangkan hidup yang penuh tantangan ibarat mendaki sebuah gunung atau bukit. Semakin tinggi semakin berat. Namun bila sampai ke puncak, kita bisa merasakan betapa indahnya melihat pemandangan di bawahnya. Lain halnya dengan jalan datar yang tidak bisa melihat ke bawah, karena dia tetap dibawah.

Tiap orang pasti memiliki pengalaman berbeda dalam hidup. Ada orang yang hidupnya begitu tenang, ada yang penuh riak, tapi ada juga yang berada diantara keduanya. Biasanya, semakin berat jalan hidup kita, maka semakin hidup kombinasi warna yang dihasilkannya dan semakin indah komposisinya. Bayangkan saja kanvas yang dihiasi dengan beberapa warna tentu akan lebih menarik dari kanvas yang terdiri dari satu warna. Setuju kan?

Maka janganlah pernah menyerah mencapai keberhasilan dalam hidup.! Karena buah kesabaran dari tekanan hidup akan membukakan pintu menuju keberhasilan. Seorang yang selalu ditempa akan menjadi pribadi yang lebih kaya. Setiap langkah menuju anak tangga menuju puncak keberhasilan tidak akan terlaksana dalam satu hari. Nikmatilah dan bersyukurlah bahwa Alloh SWT sang Maha Pencipta telah memberikan warna – warni dalam kanvas kehidupan kita di dunia fana ini.