Oleh: James Kynge

Membaca Kesuksesan Ekonomi Cina

Hanya dalam waktu singkat Cina mampu mengguncang dunia perdagangan internasional. Ribuan perusahaan di Eropa, Asia, dan Amerika Serikat (AS) menjadi korban serbuan perdagangan Cina. Kedigdayaan, kelihayan, dan keahlian orang Cina dalam dunia menjadikannya sebagai sang masterpiece ekonomi, seakan-akan keadaan ini melegitimasi mereka akan predikat sebagai “kaisar” di bidang ekonomi dunia. Keberhasilan dan kesuksesan yang mereka capai hari ini tidaklah dibangun dengan sekejap mata, melainkan dengan prinsip ekonomi yang telah mapan dan telah dipegang selama beribu-ribu atau bahkan berabad-abad tahun silam.

Lalu, apa sebenarnya kelebihan orang Cina, kenapa ia mampu menghegemoni dan menggeser kedudukan AS sebagai Negara super power ekonomi internasional? Apa rahasia di balik kesuksesan ekonomi Cina ini? Dan Apa dampak-dampaknya bagi dunia internasional?

Melalui buku rahasia sukses Ekonomi Cina ini, James Kynge, jurnalis berpengalaman puluhan tahun meliput kawasan Asia, akan membongkar fakta-fakta yang tak kalah mengagetkan dari kebangkitan Cina itu. Profesi sebagai jurnalisme membuat tulisannya lebih tajam daripada analisis para pakar yang sekadar mencermati data-data di meja dan terpesona oleh angka-angka yang menakjubkan dari perekonomian Cina. Kynge, terjun langsung di lapangan, menguak fakta-fakta di berbagai tempat yang tak terduga. Hasilnya, dia bisa menunjukkan banyak hal yang sering kali luput dari perhatian dunia, lalu terekam dalam buku ini. Kynge bukan hanya mengungkap sisi-sisi gemilang kebangkitan Cina, melainkan juga akan menguak sisi-sisi gelap yang tersembunyi dibalik kesuksesan ekonomi bangsa Cina.

Bisnis dan perdagangan adalah dunia orang Cina, ketika berbicara bisnis, maka yang terbersit dalam benak kita adalah orang Cina. Orang Cina adalah cermin untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis. Orang Cina adalah orang memiliki optimisme tinggi akan masa depan, mereka meyakini bahwa dengan usaha dan kerja keras, cepat, pandai dan keteguhan hati, mereka akan sukses dan yang akan menjadi mediumnya adalah dengan menjadi pedagang atau pebisnis. Cina adalah bangsa yang memiliki fleksibilitas tinggi, dinamis, mudah dan mau berubah dan mampu (cepat) beradaptasi dengan lingkungan di manapun mereka tinggal.

Mereka adalah bangsa perantau, suka tantangan, kesulitan dan rintangan. Kekuatan dan tali yang mengikat mereka adalah tali kerja sama dan solidaritas yang tinggi antar para pedagang Cina, mereka akan saling membantu kalau saudaranya sedang dalam kesulitan berbisnis, dunia bisnis atau perdagangan mereka akan membentuk sebuah simbiosis-mutualisme. Tetapi bagi pedagang lain, mereka adalah kanibal yang “haus darah dan daging” ekonomi.

Rasa haus dan lapar bangsa Cina dalam bidang ekonomi, telah berhasil menghantam kekuatan ekonomi dunia (AS). Mereka membangkrutkan perusahaan-perusahaan kecil dan mulai mengakuisisi perusahaan besar, termasuk IBM. Keadaan ini di samping membawa perekonomian Cina berada pada puncaknya, tetapi di sisi lain akan membuat negeri Cina berada dalam lingkaran sosio-kultural, geografi, dan iklim yang sangat berbahaya, misalnya dari segi lingkungan, kondisi Cina luar biasa hancur. Pencemaran air dan udara tidak terkendali. Sungai Kuning kini kering. Sejak 1985, air sungai tersebut tak mampu lagi mencapai laut. Dari daftar 20 kota paling tercemar di dunia, 16 diantaranya terdapat di Cina. Cina menjadi bengkel dunia, sekaligus tempat sampah dunia.

Membaca buku ini, kita akan diajak untuk memahami dan mengetahui dua persepsi yang berbeda-beda tentang perekonomian Cina dan dampak yang ditimbulkan. Penulis menyodorkan dua sisi Cina, yakni tentang kekuatan pertumbuhan ekonomi yang menakjubkan dan dampak yang selama ini terabaikan. Buku ini akan mengungkap rahasia kesuksesan (ekonomi) orang Cina yang didapat melalui proses yang amat panjang, melelahkan dan penuh lika-liku.

silakan Downloaddisini.!

http://jim-ebookgratis.blogspot.com