Dasar Hukum UKG 2012

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersikukuh Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen sudah cukup kuat dijadikan dasar hukum pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG).

“Tudingan bahwa UKG tidak memiliki dasar hukum itu tidak benar. UU No. 14 Tahun 2005 secara eksplisit mewajibkan guru memiliki kompetensi. Bagaimana mengetahui kompetensi itu, ya dengan melaksanakan ujian. Kamin pikir, dasar hukumnya sudah sangat jelas,” kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penjaminan Mutu Pendidik (BPSDMP2MP) Kemendikbud Syawal Gultom, Jum’at (27/7), di Jakarta (PR, 28 Juli 2012).

UKG penting bagi upaya pemerintah meningkatkan kualitas guru lewat pemetaan kompetensi. Berdasarkan hasil UKG, Kemendikbud akan menyelenggarakan tiga macam diklat bagi tiga kategori guru, yakni diklat dasar, diklat lanjut dan diklat pengembangan.

Diklat dasar diperuntukkan bagi guru yang masih lemah dalam aspek dasar, diklat lanjut untuk guru yang kurang dalam perancangan pembelajaran, serta diklat pengembangan diperuntukkan bagi guru dengan kualitas relatif baik agar mampu menyusun materi pengajaran yang terbuka untuk umum dan bisa dijadikan contoh oleh guru-guru lainnya.

Pedoman UKG 2012 dan Kisi-kisi UKG 2012 –> klik di sini

Latihan On Line Uji Kompetensi Pedagogik –> klik di sini

Latihan UKG Online Guru SD –> klik di sini

LIHAT VIDEO TUTORIAL UKG 2012 –> klik di sini

sumber: http://herusupanji.blogspot.com