ebook_pendis_small

Assalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Pembaca yang dirahmati Allah…

Buku PENDIDIKAN ISLAM: MEMBANGUN MANUSIA BERKARAKTER DAN BERADAB, merupakan panduan dalam memahami tujuan dan sifat pendidikan Islam. Buku ini bukan hanya ditujukan untuk para ulama, pejabat, dosen, mahasiswa, guru, dan murid, tetapi juga penting untuk setiap orang tua.

Banyak yang kadang salah paham, bahwa pendidikan Islam, terbatas pada pendidikan formal sekolah. Banyak pula yang salah paham, seolah-olah, tanggung jawab orang tua telah usai, setelah mengirimkan anak-anaknya ke sekolah-sekolah tertentu, yang berbiaya tinggi. Padahal,  tanggung jawab pendidikan anak tetap pada orang tua.PENDIDIKAN ISLAM bukan hanya harus mampu membentuk karakter yang unggul, tetapi juga membentuk manusia beradab; atau membentuk manusia yang baik (good man). Yakni, manusia yang mengenal Tuhannya, mengenal dan mencintai utusan Allah, mengenal dan mampu megembangkan potensinya, dan meyakini satu kebenaran.

PENDIDIKAN ISLAM bersifat kulliyah, bukan juziyyah; universal, bukan parsial. Pendidikan Islam tidak mengarahkan anak didik menjadi manusia “barbar”, yang dididik seperti binatang. Yakni, manusia yang hanya tahu satu bidang pekerjaan, tetapi tidak kenal agamanya, Tuhannya, Nabinya, masyarakatnya, bahkan sejarahnya.

PENDIDIKAN ISLAM bersifat sepanjang hayat, bukan hanya berhenti sampai S1 atau S3. PENDIDIKAN ISLAM bersifat tauhidik, tidak dikotomis dalam keilmuan. PENDIDIKAN ISLAM, bersifat formal, informal, dan non-formal sekaligus.

PENDIDIKAN ISLAM adalah satu bentuk amal nyata dalam jihad fi sabilillah dalam aktivitas dakwah dan menyiapkan generasi mendatang unggul.

SILAKAN men-download buku ini (.pdf). Jika berkenan, bisa memberikan INFAQ SUKARELA Rp 10.000. Infaq itu akan kami gunakan untuk membantu pengembangan TK/TPA dan kesejahteraan guru-guru TK/Taman Pendidikan AlQuran At-Taqwa yang kami kelola.TK at-Taqwa, beralamat di Komplek Timah CCV/99-101, Kelapa Dua, Depok 16951. (Telp. 021-87710496, 0813-18566316). TK ini telah berdiri sejak tahun 2.000,  dan telah meluluskan sekitar 700 orang alumni. Kini, jumlah muridnya 125 orang, dengan guru 13 orang. Sejak beberapa tahun terakhir, juga kami kembangkan TPA at-Taqwa di sore hari, dengan jumlah santri sekarang 75 orang, dan guru 5 orang.

TK/TPA At-Taqwa merupakan salah satu “laboratorium” dan tempat praktik konsep-konsep Pendidikan Islam yang kami kelola, disamping beberapa sekolah, pesantren, dan perguruan tinggi. TK at-Taqwa telah Terakreditasi A, meskipun menempati lokasi dan gedung yang sangat sederhana. TK/TPA at-Taqwa berprinsip, pendidikan memang perlu biaya dan harus dikelola secara ikhlas serta profesional, tetapi tidak boleh seorang ditolak belajar hanya karena tidak punya biaya. Kami bersyukur selama ini ada sejumlah donatur yang setia membantu biaya sekolah sejumlah murid kami.

Kami berkeyakinan, perbaikan Pendidikan Islam adalah jalan yang strategis dan mendasar bagi perbaikan umat Islam dan bangsa Indonesia di masa depan. Sebab, dari pendidikan inilah, kita harapkan akan lahir kader-kader unggulan atau manusia-manusia yang baik,  yang akan mampu mengemban amanah perjuangan para Nabi.

Yang berminat berjihad fi sabilillah di bidang ilmu dan pendidikan, silakan bergabung bersama kami.

Selanjutnya, kami persilakan membaca sendiri buku yang sangat sederhana ini. Semoga bermanfaat dan mohon masukan yang ikhlas dan berharga untuk kemajuan Pendidikan Islam.

Wassalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

DR. ADIAN HUSAINI

(Pembina TK/TPA at-Taqwa, Komplek Timah, Kelapa Dua,  Depok//Ketua Program Studi Pendidikan Islam — Program Pasca Sarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor).

NOTE BENE!

INFAK RP 10.000 KE BANK SYARIAH MANDIRI NO. 0677063398 a.n. Megawati atau BCA 4212346997 a.n. Megawati (Kepala Sekolah TK/TPA at-Taqwa).

http://insistnet.com

Advertisements