Seorang pemimpin negara tentu menghormati bendera nasional karena merupakan identitas penting negaranya. Itulah yang diperlihatkan Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan, dalam sesi foto bersama para pemimpin KTT G20 di St. Petersburg, Rusia.

Dalam sebuah video yang terekam Jumat, 6 September 2013 kemarin, Erdogan yang tiba di tempat lokasi foto bersama PM Inggris, David Cameron, mengambil gambar bendera yang berada di bawah kakinya. Padahal bendera-bendera tersebut sengaja diletakkan oleh panitia untuk menandakan posisi para pemimpin itu berdiri.

Dalam sesi foto bersama itu, Erdogan berdiri diapit oleh Kanselir Jerman, Angela Merkel dan PM India, Manmohan Singh. Di depannya terdapat presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono. Aksi pungut bendera itu disadari pertama kali oleh Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, Cameron dan Merkel yang berdiri tidak jauh dari Erdogan.

Sontak ketiganya langsung tertawa melihat aksi Erdogan. Reaksi terkejut terlihat jelas di raut wajah Presiden Argentina, Cristina Fernández de Kirchner.

Dia tidak menyangka ada seorang pemimpin yang rela memungut bendera karena tidak rela identitas itu diinjak. Melihat rekan-rekannya tertawa, Erdogan terlihat santai menanggapi hal itu. Begitu Presiden Rusia, Vladimir Putin, tiba, sesi foto pun dimulai.

Hal yang dilakukan Erdogan tersebut juga pernah dilakukannya ketika pertemuan G20 pada tahun 2009 di Pittsburgh, Amerika Serikat, (25/9/2009). Kala itu Erdogan juga menyelamatkan bendera negaranya ketika sesi foto bersama. Hal ini terekam dalam foto yang diramu dalam video di bawah ini.

Video Courtesy : YouTube / beyazgazete.com

Sumber: http://www.dakwatuna.com