presiden-Mursi-persidangan

Presiden Mursi (islammemo)

KAIRO — Dalam persidangan hari senin kemarin, Presiden Mursi hadir dengan mengenakan pakaian jas resminya. Beliau tampak tenang dan teguh dalam mempertahankan sikapnya.

Dalam kesempatan di persidangan tersebut, Presiden Mursi sempat menyampaikan tujuh hal. Seperti diinformasikan oleh sumber informasi yang berkesempatan masuk ke ruangan dan menghadiri sidang Senin (4/11/2013).

Pertama, Presiden Mursi menunjukkan simbol R4BIA. Beliau lalu berkata kepada hakim yang memimpin sidang, “Aku adalah Dr. Muhammad Mursi Ayyath. Akulah presiden Mesir yang sah. Sedangkan engkau tidak sah (menjadi hakim).”

Kedua, “Apa yang terjadi pada tanggal 3 Juli adalah kudeta. Itu adalah sebuah pengkhianatan.”

Ketiga, “Aku menuntut pengadilan menghentikan lelucon ini.”

Keempat, “Aku berada di sini karena dipaksa, tanpa kehendakku. Aku berharap peradilan Mesir tidak terlibat dalam kudeta militer ini.”

Kelima, “Keputusan melimpahkan kasusku ke pengadilan dikeluarkan oleh pihak yang tidak berwenang. Berasal dari jaksa yang ditunjuk oleh penguasa kudeta.”

Keenam, “Aku menolak semua tuduhan yang ditujukan kepadaku. Karena semua tuduhan itu berasal dari pengkudeta.”

Ketujuh, “Kalian (para hakim) akan dimintai pertanggung-jawabannya karena tidak membiarkanku keluar dari ruangan ini untuk melaksanakan tugasku sebagai presiden Mesir.”

Beberapa sumber informasi juga menekankan bahwa 14 orang tersangka dalam kasus ini menolak untuk tunduk dan menerima keabsahan persidangan kasus ini.

Bahkan Muhammad Beltagi berkata kepada hakim, “Aku punya 10 alasan faktual dan konstitusional yang meniscayakan ketidak-absahan persidangan ini.”

Namun 10 alasan ini belum sempat disampaikan, beliau meneriakkan yel-yel “Jatuh-jatuh pemerintahan militer.” Kemudian Dr. Salim Awwa dan anggota tim pembela juga meneriakkan yel-yel “Rakyat ingin membela Presiden,” “Rakyat ingin konstitusi Presiden.”

Ketika suasana sudah gaduh, majelis hakim memutuskan untuk menutup persidangan, dan menundanya hingga bulan Januari tahun mendatang.

Presiden Mursi duduk di dalam kurungan tersangka, dikelilingi oleh 14 orang lainnya yang berdiri.

Video: Presiden Mesir Muhammad Mursi Tunjukkan Simbol R4BIA

Senin (4/11/20130) kemarin, untuk pertama kalinya Presiden Mesir Muhammad Mursi tampil di depan publik pasca kudeta 3 Juli 2013. Dalam tayangan video ini, terlihat bahwa Mursi menolak mengenakan baju khusus terpidana dan mengangkat 4 jarinya sebagai simbol R4BIA. R4BIA adalah sebuah simbol solidaritas atas korban pembantaian 14 Agustus oleh pasukan keamanan pemerintahan kudeta Mesir. Pasukan keamanan tersebut telah melakukan pembantaian terhadap para demonstran anti-kudeta yang melakukan protes dengan cara duduk di Rab’ah Adawiyah, Kairo, hingga membunuh ribuan demonstran.

Presiden Mursi Pecat Jenderal Anjing As-Sisi Dari Balik Kurungan Tersangka

Beberapa sumber media Mesir memberitakan bahwa Presiden Mursi mengeluarkan sebuah keputusan presiden dari balik kurungan tersangka. Keputusan itu adalah memecat As-Sisi (menteri pertahanan) dan Muhammad Ibrahim (menteri dalam negeri).

Berita ini disampaikan oleh orang yang tidak bersedia disebutkan identitasnya yang menghadiri persidangan hari ini, Senin (4/11/2013). Menurut sumber tersebut, Presiden Mursi sudah lama menyimpan keputusan itu, dan baru dikeluarkan setelah dimulainya persidangan. Hal itu dilakukan Presiden Mursi untuk mengejutkan para penguasa kudeta, dan memalukan mereka di depan mata dunia internasional.

Menurut beberapa pengamat, keputusan Presiden Mursi ini sedikit-banyak mempengaruhi para pengambil keputusan di negara-negara yang masih memandang Mursi sebagai presiden Mesir yang sah.

Pada beberapa hari lalu, ada bocoran rekaman yang berisi percakapan antara As-Sisi dan Yasir Riziq (pemred sebuah surat kabar). As-Sisi meminta Yasir melakukan kampanye media yang memaksa Komisi 50 membuat butir konstitusi yang menguatkan posisinya sebagai menteri pertahanan walaupun gagal dalam pemilu presiden.

Informasi Yang Bisa Disampaikan Presiden Mursi Kepada Pimpinan Ikhwanul Muslimin

Muhammad-mursi-simbol-r4bia1

Presiden Mursi dan para pimpinan Ikhwanul Muslimin dalam kurungan tersangka, Senin (4/11/2013) kemarin.

Dalam pertemuan yang singkat antara Presiden Mursi dan para pimpinan Ikhwanul Muslimun yang sama-sama menjadi tersangka, ada beberapa informasi yang bisa disampaikan Presiden Mursi.

Hal itu seperti disampaikan seorang anggota tim pengacara. Beliau mengatakan, terjadi pertukaran informasi antara Presiden Mursi dan pimpinan Ikhwanul Muslimin yang lain.

Presiden Mursi menginformasikan tentang perundingan-perundingan yang dilakukan selama beliau ditahan, mulai awal bulan Juli hingga sekarang.

Presiden juga memberitahu bahwa beliau selama ini mengetahui apa yang terjadi di Mesir. Termasuk tentang demonstrasi-demonstrasi meneruskan revolusioner yang dilakukan rakyat Mesir. Hal itu membuat Presiden tetap optimis dengan kemenangan.

Sedangkan Isham Iryan dan pimpinan Ikhwan lainnya memberitahukan tentang rincian strategi Koalisi Nasional Pro-Demokrasi Anti-Kudeta untuk fase-fase berikutnya.

Menurut anggota tim pengacara, rincian informasi tentang perundingan yang dijalankan kepada Presiden Mursi sudah dipegang pimpinan Ikhwanul Muslimin. Informasi itu akan dipublikasikan dari penjara pada waktu mendatang. Karena penjara tempat mereka ditahan dapat diketahui dan dikunjungi tim pengacara.

Sumber: http://www.dakwatuna.com

Advertisements